BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan LAUNCHING LOKET PELAYANAN INFORMASI BPJS KESEHATAN DAN PORTAL QR BPJS KESEHATAN DI FASKES

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena masih memperkenankan kita untuk hadir di sini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.


Hadirin sekalian,

Sebagaimana kita ketahui bersama, bagi institusi yang bergerak di bidang jasa, aspek kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Secara ideal, standarnya adalah excellence, atau yang dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai Pelayanan Prima.

Secara sederhana, misi yang diusung oleh konsep pelayanan prima adalah bagaimana agar layanan dapat semakin baik (better), semakin cepat (faster), semakin baru (newer), semakin murah (cheaper), dan semakin sederhana (simpler). Sedangkan penekanannya adalah penyempurnaan sikap (attitude), kemampuan (ability), perhatian (attention), tindakan (action), tanggungjawab (accountability), tampilan (appearance), dan simpati. Konsep ini juga berarti bahwa institusi penyedia layanan haruslah tanggap serta terus relevan dengan dinamika zaman.

Dalam ekosistem penyelenggara negara, yang di dalamnya mencakup birokrasi, BUMN, dan BLU, kita tahu bahwa peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik telah mendapat perhatian serius, setidaknya sejak tahun 2010, sebagai salah satu implikasi dan konsekuensi logis upaya Reformasi Birokrasi. Meski demikian, kita pun tahu, terlepas dari idealisme yang ada, memulai serta menjaga konsistensi dalam hal peningkatan kualitas layanan tidaklah semudah atau sesederhana itu. Terutama, karena ini juga berkaitan dengan aspek pola pikir (mindset) dan pola kebiasaan (culture set), baik dari pihak pemberi maupun penerima layanan. Dan terlebih lagi, karena konteks dunia kita saat ini adalah sebuah dunia yang bergejolak, penuh ketidakpastian, kompleks, serta ambigu, yang secara fisik dan mental menyebabkan kondisi rapuh, gelisah, tak linear, dan sulit dipahami.

Bertolak dari kesemuanya itu, Pemerintah Daerah DIY, memandang komitmen dan upaya nyata BPJS Kesehatan terkait Transformasi Mutu Layanan JKN di Fasilitas Kesehatan, sebagai hal yang sangat layak diapresiasi.

Tentu merupakan harapan kita bersama, bahwa Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di Rumah Sakit dan Portal QR BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan (POROS) yang hari ini diluncurkan, secara nyata dapat mendekatkan BPJS Kesehatan dengan misinya, menjadi “badan penyelenggara yang dinamis, akuntabel, dan terpercaya untuk mewujudkan jaminan kesehatan yang berkualitas, berkelanjutan, berkeadilan, dan inklusif”: sebuah institusi yang memanusiakan manusia, dimana konsumen dapat dihormati kemanusiaannya, dan dipandang layak untuk mendapatkan perlakuan terbaik, bahkan disaat ia sedang tidak dalam kondisi terbaiknya sebagai manusia.

 

Sekian dan terima kasih.