BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan MALIOBORO COFFEE NIGHT #5

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita masih diperkenankan untuk hadir di sini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.


Hadirin sekalian,

Kopi sebagai komoditas, dalam satu dasawarsa terakhir ini mengalami dinamika yang signifikan. Pola konsumsi dan peminat produk kopi beserta turunannya mengalami tumbuh kembang yang luar biasa. Bahkan di tengah pandemi global, aneka produk kopi tetap bertahan, dan justru terus melakukan pergerakan ekonomi dan pengembangan di tingkat hilir dan perdagangannya. Terlebih, dengan dukungan teknologi informasi dan kemudahan pola transaksi, aneka produk kopi tetap mendapat tempat dan terus mengisi keseharian para pecinta kopi dimanapun berada.

Menikmati secangkir kopi kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban dalam satu dekade terakhir. Sebuah tren yang turut membawa dampak positif bagi roda perekonomian. Sehingga, kopi beserta produk turunannya sangatlah layak untuk terus kita gali dan kembangkan potensinya.

Berangkat dari situ, saya, atas nama Pemerintah Daerah DIY, menyambut baik diselenggarakannya Malioboro Coffee Night ke-5 ini. Bagi para pelaku usaha, semoga gelaran ini mampu menjadi medium pengembangan pasar, promosi bisnis, serta memperkuat jejaring dan kolaborasi Business to Business (B to B) maupun Business to Customer (B to C).

Sekedar mengingatkan pula, dalam konteks DIY, selama ini biji kopi mayoritas masih berasal dari luar daerah. Padahal, DIY memiliki dua jenis kopi, yaitu kopi dari lereng Gunung Merapi dan kopi dari Pegunungan Menoreh yang tak kalah nikmat dari kopi dari daerah lain. Pemerintah Daerah DIY terus berupaya meningkatkan daya saing dan produktivitas kopi lokal. Saya berharap, para pelaku usaha kopi maupun para komunitas kopi juga dapat mendukung upaya kami untuk mengenalkan dan turut mempopulerkan kopi asli Jogja ini.

Akhirnya, kepada seluruh elemen yang yang terlibat dalam kepanitiaan beserta para pihak pendukung, mari bersama kita pastikan, bahwa seluruh rangkaian agenda malam ini dapat berjalan lancar, kondusif, serta dapat membawa kebaikan dan manfaat bagi semua.

Teriring Bismillahirrahmanirrahim, Malioboro Coffee Night ke-5, saya nyatakan resmi dibuka.

 

Sekian dan terima kasih.