BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan ABHINAYA ABYAKTA BATIK JOGJA 2nd SERIES

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua.


Yang terhormat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Bapak Sandiaga Salahuddin Uno.


Yang saya hormati:

  • Senior Vice President Operations and Government Relations Accor Indonesia dan Malaysia;

  • Komandan Korem 072/Pamungkas;

  • Serta para hadirin dan tamu undangan.


Marilah kita senantiasa mengucap syukur atas rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa, sehingga pada hari ini kita dapat hadir bersama pada acara Abhinaya Abyakta Batik Jogja Second Series dalam keadaan sehat.


Hadirin sekalian,

Hari ini sangat istimewa karena bertepatan dengan ditetapkannya Batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi dari UNESCO sekaligus diperingati sebagai Hari Batik Nasional.


Kita patut bersyukur, Daerah Istimewa Yogyakarta telah memiliki tiga warisan budaya tak benda yang diakui UNESCO, yaitu keris, wayang dan batik. Untuk itu, menjadi tugas kita bersama untuk mengaktualisasi warisan budaya tak benda menjadi sebentuk etos atau karya, dalam berbagai bentuk dan media.


Transformasi dari mitos menjadi etos, dari tataran filosofi ke ranah praksis-lah yang menjadi sejatinya upaya pelestarian sekaligus pemberdayaan budaya.  Tanpa ada upaya transformasi, budaya akan mengalami kemunduran, dan pada akhirnya sirna dari peradaban.


Pada kesempatan ini, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas upaya Grup Perhotelan Accor bersama Tentara Nasional Indonesia untuk turut mengambil peran dan berkontribusi dalam menumbuhkembangkan rasa cinta dan bangga akan warisan budaya Indonesia.


Akhir kata, demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga kolaborasi lintas sektor ini dapat terus ditingkatkan. Mari bersama kita lestarikan batik sebagai warisan budaya, agar eksistensinya terus terjaga.


Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Yogyakarta, 02 Oktober 2023