BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan TRAINING OF TRAINER KESATUAN MAHASISWA HINDU DHARMA INDONESIA (TOT KMHDI) JABANUSRA-ISTIME

Om Swastyastu,


Yang saya hormati:

  • Ketua Umum Pimpinan Pusat KMHDI;

  • Ketua PC KMHDI Yogyakarta; serta

  • Para narasumber dan peserta Training of Trainer


Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas karunia-Nya kita dapat hadir bersama pada acara Training of Trainer Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Jabanusra-Istimewa 2023 dalam keadaan sehat.



Hadirin sekalian,


Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Yogyakarta, menjadi wadah pemersatu mahasiswa Hindu sekaligus wadah untuk kaderisasi mahasiswa Hindu. Sebagaimana tertuang pada konsep jati diri KMHDI yaitu religiusitas, humanisme, nasionalisme dan progresivitas,  dapat mendorong mahasiswa Hindu untuk dapat menyalurkan ide-ide pembaharuan dan pengembangan.


Pada kesempatan ini, saya ingin mengingatkan kembali bahwa NKRI terdiri dari keberagaman suku, agama, adat istiadat dan budaya. Keberagaman ini bukan menjadi jurang pemisah, tapi justru menjadi sumber kekayaan yang harus kita jaga agar dapat menciptakan negeri yang damai dan sejahtera.


Untuk itu, tepat kiranya dalam kegiatan training of trainer kali ini, dapat memperkuat nilai-nilai jati diri KMHDI dan juga kemampuan leadership bagi para peserta. Harapannya, dapat membentuk trainer-trainer yang memiliki tanggung jawab secara profesional dalam melanjutkan kaderisasi KMHDI. Ke depan, kader KMHDI harus dapat mengambil peran menjadi pionir perubahan dalam pembangunan.


Menjadi harapan kita bersama, TOT menjadi momentum bagi seluruh kader agar semangat meningkatkan kapasitas kekaderannya. Kapasitas kekaderan ini dimaksudkan mencapai, mempersiapkan, dan memposisikan diri untuk dapat berkontribusi lebih luas.


Maka, saya berpesan, seluruh peserta dapat membangun kapasitas kepemimpinan yang unggul dan menjadikan pribadi yang berkualitas. Akhir kata, saya ucapkan selamat mengikuti Training of Trainer Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Jabanusra-Istimewa 2023. Semoga melalui kegiatan ini, lahir kader-kader muda intelektual yang berkemajuan dan memiliki jiwa sosial dan nasionalisme.


Terima kasih.

 

Yogyakarta, 04 Oktober 2023