BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan WIWIT PANEN RAYA BAWANG MERAH KALURAHAN SRIKAYANGAN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sehat sejahtera bagi kita semua.


Yang saya hormati:

  • Pj Bupati Kulon Progo;

  • Jajaran Forkopimda Kulon Progo; dan

  • Para petani di Kalurahan Srikayangan


Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan YME, bahwa El Nino yang terjadi akibat kemarau berkepanjangan, kita masih dapat melaksanakan panen raya bawang merah di Bulak Srikayangan hari ini.

Hadirin sekalian,

Bawang merah merupakan salah satu komoditas pertanian yang kebutuhannya cukup tinggi dan sangat mempengaruhi inflasi. Saat ini, terjadi panen raya bawang merah di hampir semua wilayah di Indonesia. Sehingga, suplai bawang merah di pasar melimpah. Akibatnya,  harga bawang merah baik di tingkat petani maupun di pasar mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Pemerintah daerah belum bisa mengendalikan kestabilan harga komoditas hortikultura. Untuk itu, pada kesempatan ini, saya himbau agar petani dapat memanfaatkan lahan marginal dimana potensi lahan pertanian di Kulon Progo saat ini masih luas dengan membudidayakan lebih dari satu komoditas, serta melakukan diversifikasi produk.

Saya optimis upaya ini dapat terlaksana, seiring penguatan eksistensi Bulak Srikayangan,  sebagai satu dari delapan kawasan agribisnis pertanian di Kulon Progo.



Hadirin sekalian,


Pembangunan pertanian harus mendorong, memotivasi, membantu dan memberikan fasilitas kepada petani, sebagai pelaksana utama dan subyek pembangunan pertanian secara mandiri. Sehingga, petani mampu mengambil keputusan di lapangan. Petani harus lebih diperankan sebagai subyek pembangunan, seiring pendekatan pembangunan yang berpusat pada petani dan untuk kepentingan petani.

Sektor agribisnis yang saat ini masih bertumpu pada kelimpahan sumberdaya (resource-driven) harus ditransformasi ke sektor agribisnis yang didorong oleh investasi (investment-driven), dan kemudian berlanjut pada dorongan inovasi (inovation-driven), menuju ekonomi pertanian yang berbasis iptek (science and technology-based economy).


Dengan harapan seperti itulah, saya menyambut baik dan mengapresiasi acara panen raya pada hari ini. Semoga Tuhan sang Kuasa Cipta, senantiasa meridhoi upaya kita dalam seluruh daya-upaya, membangun kesejahteraan petani, masyarakat, dan negara.


Wassalamualaikum wr. wb.

 

Kulon Progo, 05 Oktober 2023