BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PERESMIAN WIWITAN PASAR LELANG CABAI, LAUNCHING ELECTRIFYING AGRICULTURA SMART FARM “LINDUN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sehat sejahtera bagi kita semua.


Yang saya hormati:

  • Bupati Bantul;

  • Jajaran Forkopimda  Kabupaten Bantul; dan

  • Para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Lahan Pasir Pantai Samas “Pasir Makmur Bantul”;

  • Serta para hadirin dan tamu undangan.


Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan YME, bahwa El Nino yang terjadi akibat kemarau berkepanjangan, kita masih dapat melaksanakan wiwitan pasar lelang cabai hasil panen sekaligus launching Electrifying Agricultura Smart Farm Lindung Tani dalam keadaan sehat wal’afiat.



Hadirin sekalian,


Pertama-tama, saya ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para petani yang tergabung dalam kelompok Tani Pasir Makmur Bantul atas keberhasilan panen cabai juga konsistensi dalam melaksanakan pasar lelang cabai.

Pasar lelang cabai yang dimulai sejak 2013 menjadi bukti komitmen bersama untuk menyeragamkan dan mengangkat harga cabai. Adanya pasar lelang ini diharapkan dapat memberikan posisi tawar petani yang lebih kuat dibandingkan penjualan cabai ke pedagang lokal. Kualitas cabai yang dihasilkan juga lebih seragam sehingga harga yang diperoleh jauh lebih baik.

Ke depan, saya harap petani dapat lebih inovatif dalam meningkatkan jumlah peserta atau petani yang mengikuti lelang, memperluas jaringan pedagang yang mengikuti lelang, dan peningkatan produksi.


Hadirin sekalian,

Bantul, sebagai kabupaten penyangga pangan nasional dapat terus meningkatkan program di bidang pertanian untuk ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat.

Adanya inovasi Electrifying Agricultura Smart Farm Lindung Tani, yang mentransformasi sistem penyiraman dari menggunakan energi dari bahan bakar minyak menjadi energi listrik, diharapkan mampu menghemat biaya yang harus dikeluarkan petani.

Penggunaan listrik ini dapat meningkatkan produktivitas lahan, mengurangi biaya produksi dan lebih ramah lingkungan.

Ke depan, menjadi harapan kita bersama, semakin banyak petani atau pelaku sektor pertanian yang menggunakan peralatan maupun mesin berbasis listrik. Dengan demikian, para petani bisa menghemat biaya dan perekonomian masyarakat petani semakin tumbuh.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Selamat atas penghargaan Kategori Pembina dan Pelopor Electrifying Agricultura. Dengan pemanfaatan teknologi dan revolusi pertanian, mari kita tingkatkan kesejahteraan petani dan kita mewujudkan Kabupaten Bantul sebagai Food Estate Indonesia.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Bantul, 06 Oktober 2023