BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan FESTIVAL KEIMIGRASIAN TAHUN 2023

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua,


Yang saya hormati:

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Para Tamu Undangan, dan Saudara sekalian.


Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita masih diperkenankan untuk hadir di sini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.


Hadirin sekalian,

Kita tahu bahwa masa depan bangsa ada di tangan para generasi muda. Untuk menjadi generasi yang berkualitas, penting agar dapat dibukakan pintu selebar-lebarnya, dan diberikan peta yang sejelas-jelasnya, sehingga mereka dapat menangkap dan menjajal sebanyak mungkin peluang, sebagai modal penting bagi pembentukan karakter dan kualitas diri.

Paspor dan visa, merupakan kunci fisik bagi pintu dan jendela dunia.  Meski demikian, kita tahu bahwa hingga saat ini hal-hal terkait keimigrasian kadang masih menjadi halangan fisik maupun mental untuk menuju ke sana. Halangan yang dapat saja berakibat fatal, namun sesungguhnya sangat mudah untuk dicegah atau diminimalisir: melalui edukasi dan ketersediaan akses atas informasi yang benar.

Selanjutnya, berkaitan dengan DIY. Jogja adalah daerah tujuan pendidikan, dan telah lama dikenal sebagai Kota Pelajar. Predikat ini secara otomatis juga mempengaruhi segala aspek kehidupan di DIY: mulai dari kondisi demografinya, hingga pada demand atau kebutuhannya atas varian informasi dan layanan.

Bertolak dari kesemuanya tadi, Festival Keimigrasian ini merupakan agenda yang tidak sekedar relevan, melainkan juga telah lama dinantikan.

Sehingga, saya sampaikan bahwa kami, Pemerintah Daerah DIY, menyambut baik dan mengapresiasi Direktorat Jenderal Imigrasi beserta pihak lain yang terkait, sehingga Festival Keimigrasian Tahun 2023 memungkinkan untuk diselenggarakan di Jogja. Apresiasi, karena secara khusus menggandeng dunia Pendidikan dan menyasar para mahasiswa/pelajar sebagai target utamanya.

Adalah harapan kita bersama, bahwa seluruh rangkaian kegiatan Festival Keimigrasian ini dapat berlangsung lancar, dan dapat sungguh-sungguh menjalankan perannya sebagai sarana edukasi, saluran aspirasi, sekaligus medium kolaborasi, yang pada akhirnya dapat membawa kemanfaatan bagi semua.

Sekian dan terima kasih.


Wassalamualaikum Wr. Wb.,

 

Yogyakarta, 12 Oktober 2023