BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan SEMINAR NASIONAL UNY ACCOUNTING FAIR 2023

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,


Yang saya hormati:

Dekan FEB UNY, Seluruh Panitia SEMNAS UNY Accounting Fair 2023, Para Narasumber, Para Tamu Undangan, seluruh Peserta Seminar, dan Saudara sekalian.


Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena masih memperkenankan kita untuk bersama-sama hadir di sini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan sesuatu apapun.


Saudara-saudara,

Ekonomi kreatif merupakan transformasi struktur perekonomian dunia, dimana terjadi perubahan pertumbuhan ekonomi, dari yang tadinya berbasis sumber daya alam menjadi berbasis sumber daya manusia.

Di Indonesia, pengakuan atas potensi ekonomi kreatif sebagai salah satu bidang ekonomi yang perlu didorong, diperkuat, dan dipromosikan demi peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional, secara formal dimulai di tahun 2015, dengan dibentuknya Badan Ekonomi Kreatif. Komitmen untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif kemudian dimanifestasikan ke dalam Peraturan Presiden Nomor 142 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional Tahun 2018-2025, yang kemudian diperkuat lagi dengan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif.

Industri kreatif sendiri, merupakan kelompok industri yang bergerak di bidang eksploitasi ide atau kekayaan intelektual, sehingga menjadi produk fisik ataupun non fisik yang bernilai ekonomi tinggi. Di Indonesia, Industri Kreatif merupakan salah satu sektor yang sedang didorong untuk menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam konteks DIY, Pemerintah Daerah DIY menyadari bahwa ekonomi kreatif adalah business of the future, bisnis yang memiliki prospek cerah di masa depan, dan sejatinya sudah merespon tentang pemberdayaan ekonomi kreatif dan industri kreatif, antara lain dengan menerbitkan regulasi dan kebijakan yang relevan. Kita tahu, bahwa DIY memiliki modal dan ekosistem yang dapat mendukung ke arah itu. Salah satunya, melimpahnya SDM muda penuh ide-ide inovatif, yang ditopang banyaknya perguruan tinggi dengan berbagai jurusan yang sekaligus juga menjadi ladang subur bagi bibit-bibit kreatif untuk tumbuh dan berkembang.

Bertolak dari hal-hal tadi, kami Pemerintah Daerah DIY menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya Seminar Nasional UNY Accounting Fair 2023 ini. Kami memandang acara ini sebagai salah satu medium penting, dalam meningkatkan awareness masyarakat, khususnya generasi muda DIY, mengenai peluang apa sesungguhnya yang dapat digali dan dikembangkan dari sektor industri kreatif.

Tentu merupakan harapan kita bersama, bahwa dalam jangka panjang, acara ini secara langsung dan tidak langsung dapat berkontribusi bagi keseluruhan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia.

Akhir kata, semoga seluruh rangkaian acara dapat berlangsung dengan lancar, dan dapat sukses mendatangkan hasil dan manfaat bagi semua.

Sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr., Wb.,

 

Yogyakarta, 14 Oktober 2023