BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PEMBUKAAN MUSYAWARAH WILAYAH KE-23 IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DIY

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua.


Yang saya hormati Ketua dan Pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah DIY, serta hadirin sekalian.


Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya, kita dapat hadir pada acara Musyawarah Wilayah Ke-23 Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam keadaan sehat wal’afiat.



Hadirin sekalian,

Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan keagamaan terkemuka, memiliki pengaruh besar khususnya di DIY. Poin penting yang ditanamkan KH Ahmad Dahlan ketika mengawali gerakan Muhammadiyah adalah gerakan tajdid atau pembaruan. Tajdid berimplikasi pada watak keterbukaan yang kemudian dimiliki Muhammadiyah.


Sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, adalah kunci bagi umat Islam, untuk mampu menjawab tantangan zaman di era modern. Tantangan itu akan terus berlanjut, yang artinya, mengharuskan Muhammadiyah untuk terus menghidupkan spirit tajdid secara terus-menerus.


Pelajar Muhammadiyah memiliki peran strategis dalam pembangunan bangsa Indonesia. Khususnya merawat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah insaniyah serta keutuhan NKRI.


Dalam menyikapi tantangan perkembangan zaman, IPM harus tetap memegang teguh prinsip-prinsip ajaran Islam dan nilai-nilai luhur Muhammadiyah. Tentu hal ini akan mengubah gerakan dan perjuangan IPM dalam menjadi pelajar yang beriman, berilmu, terampil dan berakhlak mulia. IPM juga harus  melangkah maju dengan mengadopsi pendekatan interpretasi yang lebih kontekstual terhadap ajaran Islam dan perkembangan ilmu pengetahuan.

Saya berharap, dengan kepengurusan baru dapat terwujud transformasi organisasi sebagai gerakan Islam dakwah amar makruf nahi mungkar di kalangan pelajar. Dengan meningkatkan jejaring pelajar, saya percaya IPM dapat melahirkan generasi masa depan yang berkualitas dan berakhlak.

Akhir kata, demikian yang dapat saya sampaikan. Selamat bermusyawarah. Semoga mencapai hasil mufakat dan pengurus terpilih dapat memberikan sumbangsih yang nyata bagi kemajuan DIY dalam membangun ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah insaniyah. Semoga Allah SWT meridhai langkah dan upaya kita.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Yogyakarta, 14 Oktober 2023