BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan RAPAT KOORDINASI LINTAS SEKTORAL DALAM OPERASI MANTAP BRATA PROGO 2023-2024 PENGAMANAN PEM

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua.


Yang saya hormati:

  • Ketua DPRD DIY;

  • Kapolda DIY beserta jajarannya;

  • Jajaran Forkopimda DIY;

  • Ketua KPU DIY;

  • Ketua BAWASLU DIY;

  • Serta hadirin sekalian.


Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena limpahan rahmat-Nya kita dapat melaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam pengamanan pemilu pada hari ini dalam keadaan sehat.



Hadirin sekalian,


Suksesnya pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 merupakan tanggung jawab kita bersama. Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta akan berupaya melaksanakan amanat UU Nomor 7 Tahun 2017, dimana pemerintah daerah wajib memberikan bantuan dan fasilitas. Pemerintah Daerah DIY juga akan menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri nomor 900.1.9/9095/SJ/ tanggal 30 Desember 2022 dalam hal dukungan Pemda dalam mendukung pemilu 2024.


Sesuai dengan Surat Edaran tersebut, Pemerintah Daerah DIY akan mengerahkan personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk penyelenggaraan ketenteraman, ketertiban, dan ketertiban umum, serta perlindungan masyarakat selama masa tahapan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024.


Selain itu, Pemda DIY juga akan memfasilitasi pemeriksaan kesehatan dan penerbitan surat keterangan sehat jasmani dan rohani pada rumah sakit milik pemerintah atau Pemda, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), dan Puskesmas Pembantu atau sebutan lainnya sebagaimana pemenuhan persyaratan administrasi sebagai Badan Ad Hoc Penyelenggara Pemilu Tahun 2024.


Bapak/Ibu sekalian,

Perbedaan cara pandang acapkali menimbulkan gesekan di tengah masyarakat, yang kebanyakan masih berorientasi pada primordialisme terhadap calon, bukan adu gagasan.


Harapan kita adalah, agar rakyat tidak terkotak-kotak hanya karena berbeda calon dan aspirasi. Apalagi hujat-menghujat dan bermusuhan karena berada di pihak yang berbeda kubu dan partai. Masyarakat menginginkan kemajuan dan kemartabatan bangsa, bukan menjadikan Pemilu sekadar ajang perebutan kekuasaan semata.

Suasana nyaman dan aman itu mestinya dibangun layaknya suasana sebuah keluarga yang berbudaya dan berkeadaban. Mewujudkan kampanye yang berbudaya adalah dengan mengendalikan Tim Sukses dan massa partai, agar menghindari intrik dan intimidasi, provokasi, pelecehan, ujaran kebencian, berita bohong, politik identitas dan politik uang, atau pun pencemaran nama baik.


Penyelenggaraan keamanan di DIY tentu harus tegak lurus dengan kebijakan yang sudah ditentukan, salah satunya adalah selaras dengan Visi Gubernur. Adapun Visi Gubernur DIY tahun 2022-2027 adalah Terwujudnya Pancamulia Masyarakat Jogja Melalui Reformasi Kalurahan, Pemberdayaan Kawasan Selatan, Pembangunan Budaya Inovasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi.


Peran Jaga Warga di tingkat kalurahan menjadi penting agar problematika yang terjadi di masyarakat pra hingga pasca Pemilu dapat segera diselesaikan dan tidak melebar.

Bagaimanapun, yang kita pertaruhkan terlalu besar, karena Sukses Pemilu adalah Sukses Bangsa! Bagaimanapun, lebih dari sekadar “olah-politik”, Pemilu adalah juga “olah-budaya” untuk meningkatkan mutu “budaya-demokrasi”, agar tumbuh subur dan kuat mengakar menjadi “budaya-rakyat”.


Akhir kata, demikian yang dapat saya sampaikan dalam mengiringi acara ini. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa berkenan meridhoi setiap langkah dan upaya kita semua dalam menyongsong pesta demokrasi, menuju Indonesia yang demokratis dan bermartabat.


Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Yogyakarta, 16 Oktober 2023