BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan SEMINAR PENANAMAN IDEOLOGI PANCASILA DALAM RANGKA PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL 2023

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,


Yang saya hormati Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama DIY, para hadirin dan tamu undangan, serta para santri yang saya banggakan.


Marilah kita mengucap syukur kepada Allah SWT, karena karunia-Nya kita berkesempatan untuk mengikuti kegiatan hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Hadirin sekalian,

Hari Santri Nasional menjadi simbol pengakuan terhadap peran penting santri dalam menciptakan bangsa Indonesia yang beragama, berbudaya, dan berjuang bersama demi kemerdekaan. Perayaan ini juga mengingatkan kita akan warisan panjang yang telah diberikan oleh para santri dalam mengukir sejarah Indonesia yang kaya dan beragam.


Untuk itu, tepat kiranya jika pada peringatan Hari Santri Nasional 2023 kali ini, kita gelorakan lagi semangat dan penanaman nilai dan ideologi Pancasila khususnya untuk para santri.


Jihad Santri Jayakan Negeri, yang menjadi tema besar perayaan Hari Santri Nasional 2023 ini dapat dimaknai secara historis dan kontekstual. Secara historis tema ini bermaksud mengingatkan bahwa para santri memiliki andil besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Secara kontekstual, tema ini menegaskan bahwa santri terus berkontribusi aktif dalam memajukan negeri.


Hadirin sekalian,


Pancasila, lahir dari pemikiran tokoh-tokoh besar bangsa Indonesia. Salah satunya KH Hasyim Asy'ari yang juga pendiri Nahdlatul Ulama. Dengan melakukan riyadlah, Kiai Hasyim mengambil ijtihad bahwa Pancasila adalah pilar utama bangsa Indonesia.


Pancasila merupakan sistem nilai filsafat terbaik yang dimiliki bangsa Indonesia serta sistem nilai fundamental sebagai dasar negara. Kran demokrasi yang terbuka lebar telah membawa masuk berbagai ideologi baru ke dalam masyarakat dan sistem pemerintahan. Ideologi baru ini muncul dari berbagai latar belakang terutama latar belakang ideologi transnasional yang sudah mengakar di berbagai negara yang berhaluan garis keras.


Pancasila sebagai ideologi negara termuat di dalam Pembukaan UUD 1945. Pancasila dipandang sebagai cita cita luhur negara dan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Pancasila merupakan ideologi negara yang bersumber dari sistem nilai bangsa Indonesia sejak lama. Apabila Pancasila diletakkan sebagai ideologi negara, Pancasila hendaknya menjadi cita cita kenegaraan yang perlu dilaksanakan dalam perbuatan melalui kekuasaan yang berstruktur.


Santri memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga warisan para kyai, salah satunya dalam mengimplementasikan nilai dan ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, pemahaman atas Pancasila juga menjadi modal sosial dalam berbagai upaya penanggulangan radikalisme dan terorisme.


Akhir kata, saya ucapkan Selamat Hari Santri 2023. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi langkah jihad perjuangan kita untuk negeri kita tercinta.


Terima kasih.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Yogyakarta, 22 Oktober 2023