BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SAMBUTAN PEMBUKAAN ORIENTASI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK) DIY ANGKATAN I, II

Assalamualaikum wr. wb.

Salam sejahtera untuk kita semuanya.


Yang kami hormati Kepala Badan Diklat DIY; Segenap Widyaiswara; para PPPK DIY peserta orientasi dan seluruh hadirin yang berbahagia.



Puji syukur marilah Kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena hanya atas limpahan rahmat serta karunia-Nya, kita semua dapat hadir pada acara Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) DIY dalam kondisi sehat tanpa kekurangan sesuatu apapun.


Hadirin Sekalian,

Ilmu dan pengetahuan memanglah penting. Ilmu sebagai pengejawantahan aspek rasio dan kognisi saja tidaklah cukup, tetapi harus didukung oleh aspek-aspek kemanusiaan, yang diperoleh dari pengamatan, pertimbangan, komunikasi  dan hati nurani dalam pekerjaan sehari-hari. Kombinasi antara “ilmu+ngelmu” akan menciptakan culture of excellence di tempat kerja dalam tataran “bener lan pener”. Perlu diingat, budaya kita adalah “memanusiakan manusia”, Memayu Ajining Punggawa, tumuju Rahayuning Praja.


Demi mencapai tataran pener inilah, perlu bagi Pemda DIY untuk menyelenggarakan orientasi bagi PPPK DIY sebagai upaya mendukung proses transformasi dari pemikiran filosofi budaya menuju ranah praktis dalam pekerjaan sehari-hari.


Orientasi ini adalah representasi dari pembangunan karakter punggawa khas DIY, dimana peserta akan diberi kesempatan ngangsu kawruh dan nyecep ilmu kepada para narasumber terkait disiplin dan etika kerja; Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, serta materi tentang Keistimewaan DIY.


Tentu menjadi harapan kita bersama, bahwa PPPK DIY dapat mendukung terlaksananya pembangunan daerah dan membangun kesejahteraan masyarakat dengan menerapkan prinsip-prinsip sengguh dan golong gilig dalam bekerja sehari-hari.



Hadirin sekalian yang saya hormati,

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya berpesan kepada seluruh PPPK DIY untuk mengikuti orientasi dengan baik. Bangun networking dan berbagi pengalaman, sebagai modal meningkatkan kapasitas saudara sekalian.


Demikian sekiranya yang dapat saya sampaikan. Akhir kata, dengan disertai rasa syukur memohon ridho-Nya dan mengucap Bismillaahirrahmaanirrahiim, Kegiatan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) DIY Angkatan I, II dan III, saya nyatakan dibuka secara resmi.


Terima kasih.


Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 23 Oktober 2023