BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan TEMU BISNIS SANTRI 2023 “Temu Bisnis Santri utk Pengembangan Industri Halal UMKM dengan Pen

Assalamualaikum wr. wb.

Salam sejahtera untuk kita semuanya.


Yang saya hormati:

  • Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta;

  • Inisiator Santripreneur Indonesia; serta

  • Para narasumber dan peserta Temu Bisnis Santri 2023


Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena rahmat-Nya kita dapat hadir pada acara hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat.



Hadirin sekalian,


Pondok pesantren memiliki peranan cukup strategis dalam pengelolaan sumber daya manusia dan sumber daya alam. Beberapa pondok pesantren telah melakukan inovasi untuk berbenah menjadi pondok pesantren yang mandiri. Salah satunya, melibatkan santri untuk menjadi pelaku UMKM.


Santri merupakan aset sumber daya manusia yang memiliki potensi untuk dikembangkan dengan tujuan keunggulan soft skill, baik dari segi pengetahuan agama dan umum. Hal ini dapat diwujudkan dengan membekali berbagai program pengembangan soft skill kepada santri, terkhusus pada bidang wirausaha. Para santripreneur, telah ditempa keilmuan keagamaan yang matang menjadikan santri sebagai SDM yang beretos kerja Islami dalam menekuni wirausaha yang dijalankan.


Dalam upaya peningkatan santripreneur, pesantren dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Terlebih, dunia bisnis telah mengalami perkembangan pesat dengan adanya sentuhan era teknologi industri 4.0. Salah satunya adalah mulai tumbuhnya bisnis dari ekonomi kreatif dan terjadinya transformasi sistem jual beli barang dan jasa


Untuk itu, saya mengapresiasi diselenggarakannya Temu Bisnis Santri 2023 pada hari ini. Saya berharap, dari kegiatan ini dapat melahirkan ekosistem ekonomi kreatif muda berbasis digital. Pemerintah Daerah DIY siap mendukung dan berkolaborasi menciptakan iklim yang kondusif agar kegiatan usaha para santripreneur lebih maju dan berkembang.


Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga dengan kegiatan temu bisnis ini dapat meningkatkan kemandirian dan kapasitas para santripreneur agar lebih siap menghadapi persaingan usaha di masa kini dan masa yang akan datang.


Terima kasih.


Wassalamualaikum wr. wb.

 

Yogyakarta, 31 Oktober 2023