BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan SOUTH EAST ASIA OMBUDSMAN FORUM (SEAOF) MEETING

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua,


Yang saya hormati:

Ketua beserta seluruh Keluarga Besar SEAOF, para Tamu Undangan, dan Saudara sekalian.


Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita semua masih diperkenankan untuk hadir di sini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.

Saya, atas nama Pemerintah Daerah DIY, pertama-tama menyampaikan selamat datang di Jogja, kepada saudara semua, keluarga besar South East Asian Ombudsman Forum (SEAOF). Merupakan kehormatan bagi kami, karena dapat menjadi tuan rumah bagi perhelatan penting ini, yang bisa dipastikan, outputnya nanti secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi praktik penyelenggaraan pelayanan publik dan penyelenggaraan pengawasan pelayanan publik.

Atas nama Pemerintah Daerah DIY, pada kesempatan yang baik ini, perkenankanlah saya juga menyampaikan selamat dan apresiasi atas tiga hal. Pertama, atas terbentuknya South East Asian Ombudsman Forum (SEAOF) itu sendiri. Kedua, atas kepercayaan yang diberikan kepada Ombudsman RI untuk “menuntun” SEAOF menyusuri periode awal eksistensinya, melalui jabatan Keketuaan periode 2023-2024 yang diembannya.

Tentu kita semua yang hadir di sini sepakat, bahwa ini bukanlah tugas mudah, sebab di usianya yang masih sangat belia ini, masih banyak sekali hal-hal internal kelembagaan yang harus dibangun dan dimantapkan, sebagai prasyarat bagi SEAOF untuk kedepannya mampu menjalankan tugas, fungsi, dan peran sebagaimana yang dicita-citakan dan menjadi dasar kelahirannya.

Kemudian yang terakhir, ketiga, animo lembaga-lembaga ombudsman di Asia Tenggara untuk bergabung dalam keanggotaan SEAOF ternyata cukup tinggi. Ini berarti bahwa setidaknya sudah ada keselarasan persepsi antar lembaga-lembaga ombudsman dimaksud, bahwa untuk mengatasi konsekuensi yang timbul dari kompleksitas interaksi antarnegara dan masyarakat di kawasan, maka kolaborasi dan sinergi adalah niscaya dan tidak dapat ditunda-tunda lagi.

Berangkat dari semua hal tadi, saya sampaikan bahwa kami, Pemerintah Daerah DIY, siap mendukung kelancaran dan kesuksesan seluruh rangkaian agenda SEAOF Meeting ini, ?tentunya sesuai dengan apa yang menjadi batasan kewenangan kami?, teriring harapan bahwa misi SEAOF sebagai “Regional forum with significant roles and responsibilities in improving the capacities of Ombudsman Institutions and Public Complaint Agency in Southeast Asia” dapat terwujud.

Sekian dan terima kasih.


Wassalamualaikum Wr., Wb.,

 

Yogyakarta, 06 November 2023