BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SAMBUTAN RESEPSI PUNCAK HARI LAHIR KE-101 NAHDLATUL ULAMA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

  • Yang terhormat, Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo;

  • Yang terhormat Menteri Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab, His Excellency Suhail Mohamed Al Mazrouei;

  • Yang Mulia Para Duta Besar Negara Sahabat;

  • Yang terhormat para Menteri Kabinet Kabinet Indonesia Maju;

  • Yang saya hormati Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

  • Civitas Akademika Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, dan hadirin sekalian.



HARI ini pantas dicatat sebagai suatu memorable moment di dalam memorable space, seiring silaturahmi yang terjalin dalam acara “Resepsi Puncak Hari Lahir Nahdlatul Ulama Ke-101”, “Peresmian Gedung Kampus Terpadu Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta”, dan “Kickoff Pembangunan Mohamed Bin Zayed College for Future Studies”.

Kepada para tamu, khususnya Menteri Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab, His Excellency Suhail Mohamed Al Mazrouei, saya ucapkan: Selamat datang di Yogyakarta--sebuah kota, dimana sejarah dan masa depan bertemu, dalam harmoni nilai-nilai keagamaan, ilmu pengetahuan, dan nilai-nilai budaya yang menginspirasi.

 

Jika menelusuri lorong sejarah, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan keberagamannya yang kaya, memang lahir dari toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman.

 

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, berdiri kokoh Candi Prambanan dan Candi Sewu, yang  menjadi simbol toleransi antar umat beragama pada periode Hindu-Budha di tanah Jawa. Sementara, di periode yang lebih kontemporer, di Kota Baru, Masjid Syuhada dan Gereja Katolik Santo Antonius Padua, berdiri berdampingan, sebagai lambang harmoni hingga saat ini.

 

Selayaknya Andalusia di masa lalu, Yogyakarta adalah bukti nyata, bahwa kerukunan antar agama dan harmoni kebudayaan, dapat membawa kemajuan ilmu pengetahuan dan memperkaya khasanah budaya.



Bapak Presiden, Para Menteri, dan Duta Besar sekalian,

 

Hari ini, kita tidak hanya merayakan Hari Lahir Nahdlatul Ulama yang ke-101, dengan tema-nya "Memacu Kinerja, Mengawal Kemenangan Indonesia”. Lebih dari itu, momentum ini kian istimewa, seiring peresmian Gedung Kampus Terpadu Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, dengan fasilitas modern dan konsep “green building”-nya.

 

“Green building”, mewakili visi pendidikan berkelanjutan dan penghormatan terhadap bumi, seiring mempersiapkan generasi muda untuk menjadi pemimpin masa depan. Hadirnya fasilitas Inkubator Bisnis NU dan Galeri Seni NUsantara, merefleksikan ruang kreatif, untuk merealisasi mimpi menjadi kenyataan, di mana ide-ide cemerlang akan lahir dan berkembang.

 

Pun demikian, “Kickoff Pembangunan Mohamed Bin Zayed College for Future Studies”, menjadi representasi persaudaraan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab.

 

Kelak, civitas akademika Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta akan belajar, tidak hanya tentang eksistensi dunia saat ini, tetapi juga tentang dunia masa depan: tentang teknologi, keberlanjutan, dan tentang bagaimana membentuk masa depan yang lebih cerah, dalam harmonisasi nilai-nilai Islam yang “rahmatan lil alamin”.



Bapak Presiden, Para Menteri, dan Duta Besar sekalian,

 

Seiring momentum mulia ini, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada Pemerintah Republik Indonesia dan Sheikh Mohamed Bin Zayed, yang telah mendukung pengembangan pendidikan Yogyakarta, melalui pembangunan Universitas Nahdlatul Ulama.

 

Selanjutnya, mari kita ciptakan peradaban baru, diterangi pendidikan sebagai obor kehidupan, menuju masyarakat toleran dan maju-berkeadaban. Mari bersatu dalam visi, diiringi semangat yang terpancar dari Gedung Terpadu Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta dan  Mohamed Bin Zayed College for Future Studies, yang kelak akan berdiri kokoh, selayaknya mercusuar pemandu menuju masa depan cemerlang.

 

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa melimpahkan rahmat-Nya, membimbing kita dalam melanjutkan peradaban, di mana setiap jiwa manusia dicerahkan oleh cahaya pengetahuan, adab, dan kedamaian.

 

Akhir kata, Selamat Hari Lahir ke-101 untuk keluarga besar Nahdlatul Ulama, dan saya ucapkan selamat atas peresmian Gedung Kampus Terpadu Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, seiring “Kickoff Pembangunan Mohamed Bin Zayed College for Future Studies”.

Sekian, terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 31 Januari 2024