BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan UPACARA PEMBUKAAN TNI MANUNGGAL MASUK DESA REGULER KE-119 TAHUN 2024

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.



Yang Saya hormati,

  • Komandan Korem 072/Pamungkas;

  • Bupati Bantul

  • Komandan Kodim 0739/Bantul;

  • Jajaran Forkopimda Kabupaten Bantul;

  • Para Prajurit TNI, Polri, beserta komponen Pemerintah dan masyarakat peserta TMMD;

  • Hadirin serta masyarakat sekalian.

 

Hari ini, kita merayakan semangat kebersamaan, dedikasi, dan kolaborasi yang luar biasa antara TNI dan rakyat, dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Program ini bukan sekadar inisiatif; melainkan menjadi manifestasi nyata dari komitmen kita bersama, untuk membangun Indonesia dari desa-desa, menjadikannya fondasi yang kokoh untuk pembangunan nasional, dan ketahanan nasional yang tak tergoyahkan.

Prajurit TNI, sebagai patriot dan ksatria bangsa, telah menunjukkan dedikasi tanpa batas dalam menjalankan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI, menghidupkan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

TMMD bukan hanya tentang pembangunan fisik seperti jembatan, jalan, atau fasilitas publik; melainkan juga tentang membangun jembatan kebersamaan, memadukan jalan kekeluargaan, dan menciptakan fasilitas untuk memperkuat ikatan persaudaraan kita.

TMMD merupakan cerminan dari semangat gotong-royong, yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Ini menjadi panggilan bagi kita semua untuk berpartisipasi, bergandengan tangan, dan bekerja bersama dalam mencapai kemajuan. Semangat ini adalah tentang menanamkan rasa kebersamaan, memperkuat kesatuan dan persatuan, serta mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat yang tangguh.

 

Saudara-saudara sekalian,

Atas pelaksanaan TMMD pada hari ini, Saya, mewakili Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, ingin mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan tertinggi kepada Komandan Korem 072/Pamungkas, dan semua anggota yang telah menjawab panggilan ini, dengan hati yang tulus dan nyala semangat yang tiada pernah padam. Melalui TMMD ini, TNI telah menorehkan tinta emas dalam pembangunan bangsa kita.

Untuk itu, mari kita semua, dengan dipandu semangat TMMD, terus berjalan bersama, membangun negeri ini dengan tangan kita sendiri. Ini adalah waktu kita untuk berkontribusi secara nyata, seiring membangun kekuatan sejati Indonesia melalui gotong-royong dan solidaritas. Bersama, kita tidak hanya membangun desa, tapi juga membangun masa depan bangsa yang lebih cerah dan lebih kuat.

Akhir kata, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya, seiring harapan agar kegiatan serupa dapat digerakkan di desa-desa yang lain di wilayah DIY, sehingga TNI selalu terpanggil untuk berjuang mengatasi berbagai tantangan bangsa.

 

Sekian dan terima kasih.

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



Bantul, 20 Februari 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



HAMENGKU BUWONO X