BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PENGUKUHAN PENGURUS BADAN KOORDINASI KEGIATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (BK3S

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera bagi kita semua,

 

Yang saya hormati:

  • Ketua Umum Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial “BK3S” DIY, beserta jajaran pengurus;

  • Rekan-rekan dari Perangkat Daerah di lingkungan Pemda DIY;

  • Mitra kerja BK3S DIY, dan hadirin sekalian.

Pada hari yang penuh makna ini, kita berjumpa dalam suasana penuh syukur dan harapan, untuk merayakan pengukuhan Pengurus Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta/ BK3S DIY, Periode 2023-2028.

Bagi saya pribadi, momentum ini bukanlah agenda seremonial semata, tetapi juga menjadi manifestasi dari semangat kolektif, untuk membawa perubahan yang positif, dalam bidang kesejahteraan sosial di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Momentum pengukuhan ini juga menyiratkan sebuah nilai moral, yang apabila disarikan dari simbolisasi makna Tahun 1957 kalender Jawa, mencerminkan falsafah “Yêktining Indriya Aruming Jagat-Pramudita”.

Falsafah ini mengajarkan kepada kita semua, bahwa sejatinya, di dalam jiwa setiap insan, bersemayam nurani yang senantiasa terpanggil, untuk menyumbangkan secercah kebaikan nyata untuk sesamanya. Itulah pula, yang menjadi fondasi moral berdirinya “BK3S” DIY pada tahun 1975 silam.

Para pengurus terlantik dan hadirin sekalian,

BK3S DIY, memiliki peran koordinatif-advokatif, dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan Lembaga Kesejahteraan Sosial, dan berperan strategis untuk membantu pemerintah daerah, dalam mencapai kesejahteraan yang merata di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Memang harus diakui, bahwa tantangan yang dihadapi oleh pelbagai Lembaga Kesejahteraan Sosial, nyata-nyata cukup kompleks. Mulai dari manajemen yang masih konvensional-tradisional, kapasitas SDM yang masih jauh dari level profesional, hingga tantangan pendanaan dan infrastruktur.

Untuk menghadapi berbagai tantangan itu, B3KS harus berkolaborasi dengan berbagai pihak, untuk mendukung pengembangan Lembaga Kesejahteraan Sosial melalui berbagai aktivitas.

Beberapa aktivitas tersebut antara lain mengembangkan teknologi pendukung untuk meningkatkan efisiensi layanan; mencari pendanaan alternatif; mengimplementasikan pendekatan berbasis komunitas; meningkatkan keahlian SDM melalui pelatihan, dan memperkuat advokasi kebijakan.

Selain itu, beberapa hal yang patut dipersiapkan adalah mengembangkan layanan holistik terintegrasi, mempersiapkan respon cepat bencana, melakukan evaluasi dan pembelajaran berkelanjutan, serta fokus pada mitigasi masalah sosial.

Berbagai pendekatan ini memungkinkan LKS untuk secara efektif mengatasi ketimpangan, meningkatkan kesejahteraan, dan memastikan keberlanjutan program dalam menjawab dinamika sosial yang terus berubah.

Di tengah tantangan tersebut, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta berkomitmen untuk membangun sinergi dengan BK3S. Seiring semangat "handarbeni", Pemda DIY siap menjadi mitra kerja program kegiatan BK3S, dalam membela kesejahteraan masyarakat, sejalan dengan nilai moral "Amemangun Karyenak Tyasing Sesama".

Untuk itu, hari ini, saya mengajak kita semua memandang ke depan dengan penuh optimisme. Pengukuhan ini bukan hanya semata transisi kepengurusan. Tetapi juga tentang mempercepat langkah pembangunan, menuju makna hakiki Keistimewaan Yogyakarta: meningkatnya kesejahteraan dan martabat masyarakat.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kekuatan, dan meridhai usaha-usaha peningkatan kinerja BK3S DIY, dalam kepengurusan yang baru ini. Akhir kata, saya ucapkan: “Selamat Bekerja dan Mengabdi!”.

 

Sekian, terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Yogyakarta, 22 Februari 2024

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X