BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PERTEMUAN ILMIAH DAN EKSHIBISI YOGYAKARTA (PIE YO) PENGDA IKATAN APOTEKER INDONESIA (IAI)

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,

 

Yang saya hormati: Keluarga besar Pengurus Daerah Ikatan  Apoteker Indonesia DIY, Para Tamu Undangan, Para Peserta dan Pengisi Kegiatan, dan Saudara sekalian.

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita semua masih diperkenankan untuk hadir di sini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.

 

Hadirin sekalian,

Belajar dari pengalaman Pandemi COVID-19, Bapak Presiden dalam Rapat Terbatas pada tanggal 5 Januari 2021 memberikan arahan untuk melakukan reformasi Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Urgensinya terletak pada: Pertama, peningkatan kapasitas sistem kesehatan nasional yang kuat dalam jangka menengah dan panjang, demi terciptanya sebuah sistem kesehatan nasional yang resilient. Kedua, upaya antisipasi terjadinya pandemi penyakit di masa mendatang (disease of tomorrow). Ketiga, sebagai respon terhadap berbagai permasalahan kronis pembangunan kesehatan nasional yang belum selesai.

Dalam perjalanannya hingga saat ini, telah ditetapkan 6 pilar transformasi. Salah satunya adalah pilar Transformasi Teknologi Kesehatan. Ini mencakup integrasi dan pengembangan sistem data kesehatan, integrasi dan pengembangan sistem aplikasi kesehatan, dan pengembangan ekosistem teknologi kesehatan yang disertai peningkatan tata kelola dan kebijakan kesehatan.,

Penting untuk dicatat, reformasi SKN bukanlah pekerjaan sederhana, dan dalam upaya realisasinya, Pemerintah sangat membutuhkan kesediaan seluruh elemen bangsa untuk turut terlibat, sesuai dengan koridor kewenangannya masing-masing.

Sehingga, pada kesempatan yang baik ini, saya menyampaikan apresiasi kepada Pengda Ikatan Apoteker Indonesia DIY serta kepada pihak-pihak lain yang turut terlibat, sehingga kegiatan hari ini memungkinkan untuk terinisiasi. Apresiasi terutama karena secara spesifik mengangkat isu transformasi kesehatan dari sudut pandang inovasi, teknologi, dan perubahan sosial.

Mari pastikan, bahwa seluruh rangkaian kegiatan dapat berlangsung dengan lancar, dan outputnya dapat menjadi motivasi lebih bagi kita semua, dalam menjalankan peran masing-masing, demi mewujudkan sistem serta ekosistem kesehatan Indonesia yang lebih baik.

Sekian dan terima kasih.






Wassalamualaikum Wr. Wb.,

 

Yogyakarta, 23-25 Februari 2024




GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X