BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PERESMIAN GEDUNG DAN ALAT LABORATORIUM RISET TERPADU UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VET

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Yang saya hormati:

  • Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI;

  • Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta beserta jajaran;

  • Jajaran Forkopimda DIY;serta

  • Para tamu undangan.

 

Segala puji dan syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena rahmat dan karunia-Nya kita dapat hadir pada acara peresmian Gedung dan Alat Laboratorium Riset Terpadu UPN Veteran Yogyakarta hari ini dalam keadaan sehat.



Hadirin sekalian,

Pada tahun 2045, bertepatan dengan usia 100 tahun, Indonesia menargetkan diri menjadi negara maju yang sejajar dengan negara lain. Salah satu cara untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 adalah dengan dimilikinya sumber daya manusia yang unggul, berkualitas dan berkarakter.

 

Untuk itu, perguruan tinggi harus mampu berperan mendorong lahirnya sumber daya manusia yang unggul, berkualitas dan berkarakter tersebut. Saya turut berbahagia dengan selesai dibangunnya Gedung dan Alat Laboratorium Riset Terpadu UPN Veteran Yogyakarta ini. Tentunya, ini menjadi langkah nyata dan komitmen UPN Veteran Yogyakarta untuk turut mendukung program pemerintah menuju Indonesia Emas 2045.

Menjadi harapan kita bersama, keberadaan gedung ini mampu mendukung kegiatan belajar mengajar dan mendorong riset yang semakin berkualitas. Sebab, kita sadari bahwa riset memiliki peranan penting dalam kemajuan pendidikan tinggi. Saya juga mengapresiasi dengan diimplementasikannya smart campus dan smart building pada gedung ini, yang mendukung terciptanya kampus sehat dengan memperhatikan Sustainable Development Goals (SDG’s).

 

Akhir kata, saya ucapkan selamat atas diresmikannya Gedung dan Alat Laboratorium Riset Terpadu UPN Veteran Yogyakarta. Semoga dengan adanya fasilitas ini,  segenap civitas akademika dapat lebih termotivasi untuk mengembangkan riset untuk turut berkontribusi memajukan pendidikan di tanah air.

 

Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Yogyakarta, 23 Februari 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



HAMENGKU BUWONO X