BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan GEBYAR WISUDA KE-13 TKA-TPA-TQA-MDT MARGOYOSO

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Yang saya hormati:

  • Kepala Kanwil Kemenag DIY;

  • Walikota Yogyakarta;

  • Ketua Dewan Masjid Indonesia Yogyakarta;

  • Pendiri dan Pembina Yayasan serta jajaran TKA-TPA-TQA-MDT MARGOYOSO

 

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas rahmat-Nya kita dapat hadir pada acara hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

 

Hadirin sekalian,

 

Menjadi kewajiban kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satunya melalui proses pendidikan baik formal maupun informal. Dalam proses pendidikan informal, salah satunya dilakukan melalui peningkatan kecerdasan spiritual untuk mendukung pendidikan formal. Hadirnya TPA Percontohan Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Unit TKA-TPA-TQA-MDT MARGOYOSO menjadi bukti upaya dan komitmen bersama untuk meningkatkan kecerdasan spiritual.

 

Hal ini sesuai dengan semangat gerakan revolusi mental, juga merujuk kepada prinsip penguatan pendidikan karakter yakni; menyeluruh terpadu, keteladanan, dan pembiasaan sepanjang waktu. Pertimbangannya adalah, penguatan pendidikan karakter dilaksanakan berbasis tiga hal, berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat.

 

Selain itu, sebagai alternatif yang dominan untuk melengkapi pelajaran keagamaan dalam lembaga formal tersebut yang terkesan memiliki waktu sedikit dalam proses peningkatan keimanan, ketakwaan serta akhlak mulia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa ini.

 

Hadirin sekalian,

Dalam konteks madrasah diniyah takmiliyah, lembaga pendidikan yang secara yuridis formal terpisah dengan lembaga pendidikan formal. Penambahan kata takmiliyah sendiri meneguhkan madrasah diniyah sebagai penyempurna atau pelengkap pendidikan formal.

 

Dalam menghadapi tantangan zaman dan menjaga eksistensinya, perlu mendesain strategi peningkatan kualitas mutu pendidikan sehingga menuai kepercayaan dari masyarakat dan stakeholders.  Semoga dengan dilaksanakannya Wisuda ke-13 ini, TPA Percontohan Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Unit TKA-TPA-TQA-MDT MARGOYOSO dapat semakin menunjukkan entitas kelembagaan pendidikan agama Islam.

 

Akhir kata, saya mengucapkan selamat Wisuda ke-13 kepada para santri dan selamat kepada para delegasi FASI Tingkat DIY yang dikukuhkan hari ini. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai langkah kita. Amien.

Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Yogyakarta,   Februari 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X