BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan MALAM TIRAKATAN HARI PENEGAKAN KEDAULATAN NEGARA

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

dan Salam Sehat Sejahtera teruntuk kita semua,



Hadirin sekalian, peserta tirakatan yang dirahmati Allah,

 

1 Maret 1949 tepat jam 06.00, ketika sirene tanda berakhirnya jam malam memecah keheningan, pasukan TNI menyerang Yogyakarta, yang sebelumnya telah menyusup masuk kota dengan bantuan rakyat, dan mereka mampu bertahan di dalam kota selama 6 jam. Histori itu, menjadi sebuah tonggak perjuangan kebangsaan, menuju kemerdekaan sejati bangsa Indonesia.

 

Apabila kita renungi secara mendalam, Serangan Oemoem 1 Maret 1949 memang bukanlah sekadar pertempuran; melainkan menjadi pernyataan politik dengan resonansi internasional. Meskipun pimpinan negara ditawan, Republik Indonesia masih eksis, dimana para pejuangnya terus melawan tirani penjajahan.

 

Untuk itu, malam Tirakatan dalam rangka Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara Tahun 2024, sama halnya sebuah perenungan spiritual, dengan memusatkan kekuatan batin, agar dapat menunaikan cita-cita perjuangan mengisi perjuangan berlandaskan istiqomah--konsisten, konsekuen, dan berkelanjutan dalam nilai-nilai satya wacana, satunya kata dan perbuatan.

 

Malam ini juga dianjurkan menjadi momentum retrospeksi, mengenang jasa para pahlawan penegak kedaulatan negara. Seraya mendoakan, agar arwah para syuhada bangsa itu, memperoleh pahala sesuai amal-bhaktinya, serta diterima di sisi-Nya, dan diampuni dosa-dosanya.

 

Seiring doa yang terpanjat, marilah memulai aktualisasi makna kedaulatan, dalam bingkai keyogyaan, yang terpancar dalam semangat “Hamemayu Hayuning Bawana”. Aktualisasi kedaulatan negara dapat diwujudkan, melalui upaya nyata sesuai peran masing-masing, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui “golong-gilig” anak bangsa. Tentu dalam konsepsi kedaulatan rakyat yang berkeadaban, dan berfondasi wawasan kebangsaan.

 

Dengan perenungan seperti itu, marilah kita ikuti Malam Tirakatan ini dengan berpasrah diri ke haribaan-Nya, agar bangsa ini tetap di jalan lurus-Nya. Akhirul kalam, semoga Allah SWT berkenan melimpahkan berkah, rahmat, hidayah dan inayah-Nya bagi keselamatan seluruh masyarakat, bangsa, dan negara. Amien. Amien. Ya Rabbal Alamien.

 

Sekian, terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



Yogyakarta, 1 Maret 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,





HAMENGKU BUWONO X