BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SAMBUTAN RAPAT REKAPITULASI HASIL PENGHITUNGAN PEROLEHAN SUARA DI TINGKAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,

 

Yang saya hormati:

  • Jajaran Forkopimda DIY;

  • Ketua Komisi Pemilihan Umum DIY beserta seluruh jajarannya;

  • Ketua Bawaslu DIY;

  • Para pemangku kepentingan dan hadirin sekalian.

 

Merupakan sebuah anugerah, sekaligus kehormatan, bahwasanya kita dapat bersilaturahim, dalam agenda Rapat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara di Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta untuk Pemilihan Umum Tahun 2024.

Saat kita berkumpul di sini, kita bukan hanya mengikuti suatu prosedur. Lebih dari itu, kita adalah bagian dari narasi yang lebih besar, sebuah visi di mana setiap suara merupakan benih untuk masa depan demokrasi Indonesia yang lebih cerah.

 

Hadirin sekalian,

Dalam visi demokrasi, rekapitulasi hasil penghitungan suara bukan sekadar penjumlahan angka, tetapi sebuah perayaan integritas, transparansi, dan keadilan.

Dan pada hari ini, kita menyaksikan bukti nyata dari komitmen kolektif untuk mewujudkan pemilu damai. Proses rekapitulasi, bukan hanya formalitas administratif, tetapi juga manifestasi dari keinginan kita untuk memperkuat fondasi demokrasi, melalui setiap suara dari setiap sudut Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam hemat saya, perlu bagi kita untuk mempersiapkan kanal informasi yang jelas dan terbuka, memastikan bahwa setiap warga negara tidak hanya mendapatkan informasi yang akurat tentang hasil pemilu, tetapi tetapi juga untuk mengakomodir berbagai masukan dan suara masyarakat, sebagai bahan dialog demokrasi.

Untuk itu, integritas dan kepercayaan menjadi dasar dari semua tindakan kita, membawa kita ke arah pemilu yang tidak hanya adil tetapi juga inklusif. Semoga Pemilu 2024 menjadi era di mana setiap proses pemilu meninggalkan warisan positif, memberikan manfaat bagi demokrasi Indonesia, dan memperkuat kepercayaan masyarakat kepada institusi yang melayani mereka.

 

Hadirin yang saya hormati,

Tugas kita hari ini adalah membuktikan bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta tidak hanya istimewa karena budaya dan sejarahnya, tetapi juga karena komitmen kita terhadap nilai-nilai demokrasi. Mari kita buktikan bahwa kita bisa menjadi contoh, bahwa dari Yogyakarta, kita menanam benih untuk masa depan demokrasi yang lebih damai dan inklusif.

Untuk itu, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta dan Badan Pengawas Pemilu Daerah Istimewa Yogyakarta atas kerja keras dan segaladedikasi. Kerja keras Anda telah menjadi fondasi, bagi kelancaran dan kesuksesan pemilu di wilayah DIY. Anda telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap integritas, transparansi, dan keadilan, menjadi teladan bagi kita semua.

Teriring apresiasi yang sama, kepada para pelaksana pemilu, mulai dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan semua komponen lain yang telah bekerja tanpa lelah. Mereka adalah pahlawan demokrasi, yang tanpa kenal lelah bekerja, demi memastikan setiap suara dihitung, dan setiap pendapat dihargai.

Demikian yang dapat saya sampaikan untuk mengiringi agenda ini. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melindungi bangsa ini, dalam damai berdemokrasi dan menentukan kelangsungan peradabannya, sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Terima kasih.



Yogyakarta, 4 Maret 2024

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



HAMENGKU BUWONO X