BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

S a m b u t a n KEGIATAN NYADRAN AGUNG 2024

Bismillahirahmannirahim

Assalamu’alaikum wr. wb.



Yang saya hormati:

 

  • Penjabat Bupati beserta Anggota FORKOPIMDA Kulonprogo.

  • Pengurus Badan Koordinasi Paguyuban Kulon Progo,

  • Para Tamu Undangan dan segenap Masyarakat Kulonprogo yang berbahagia,



MARILAH kita panjatkan puji-syukur ke hadirat Allah SWT.,  atas  berkah dan rahmat-Nya, sehingga kita dapat hadir dalam acara Nyadran Agung Tahun 2024  pada hari ini. Sesungguhnya, “nyadran” adalah tradisi Islam-Jawa yang intinya penghambaan, mendekatkan dan menyerahkan diri kepada Allah SWT.

 

Tradisi nyadran, adalah salah satu warisan budaya Islam-Jawa yang diajarkan oleh Walisanga, yang terangkai bagaikan sebuah untaian legenda, penuh tulusnya doa, karena sarat makna keIslamannya. Walisanga, dikenal bukan hanya penyebar Islam yang gigih dan produktif, melainkan juga perintis berbagai kegiatan kreatif tradisi dan seni Islami.

 

Banyak khazanah budaya lokal, yang diubah menjadi ekspresi baru melalui cara-cara yang halus, dengan mengubah estetikanya dengan memasukkan sistem nilai yang Islami. Hasilnya dapat kita nikmati dalam berbagai bentuk tradisi, selayaknya Nyadran pada hari ini.



Penjabat Bupati dan para Hadirin yang saya hormati,

 

Nyadran Agung di Kabupaten Kulon Progo bukan semata sebuah perayaan, tetapi juga sebuah momentum untuk memperkuat kohesi sosial-kemasyarakatan kita. Dengan doa bersama lintas agama, kita menunjukkan kepada dunia bahwa keberagaman adalah kekuatan, bahwa kebersamaan dan harmoni adalah fondasi utama bagi pembangunan masyarakat yang lebih baik.

 

Mari kita jadikan Nyadran Agung ini sebagai titik awal bagi kita untuk terus menjaga dan merawat warisan budaya dan spiritual yang telah diamanatka. Melalui Nyadran, kita diajak untuk membangun dunia yang lebih damai, di mana setiap individu saling menghargai, memahami, dan mendukung dalam perjalanan spiritual masing-masing.

 

Sebagai penutup, marilah memohon kepada Allah SWT agar kita semua diberikan kekuatan, hikmah, dan keberkahan dalam menjalankan kehidupan ini. Semoga Nyadran Agung Tahun 2024 ini, membawa cahaya baru bagi kita semua, membuka pintu ke arah masyarakat yang lebih harmonis, berbudaya, dan religius. Bersama, kita membangun keutamaan dari tradisi, di mana cinta, keadilan, dan perdamaian menjadi tumpuan bagi kehidupan kita bersama.

 

Dengan harapan seperti itulah, saya menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya kegiatan Nyadran Agung Tahun 2024 ini di Kulonprogo. Akhir kata, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa berkenan melimpahkan berkah dan rahmat-Nya.



Sekian, terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb.



Wates, 6 Maret 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X