BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan JOGJA FESTIVALS FORUM & EXPO (JFFE) 2024

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua.

 

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, yang masih memperkenankan kita semua untuk mengikuti pembukaan JFFE 2024 dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.

 

Saudara-saudara,

Saya percaya, bahwa dalam hal apapun itu, kualitas harus lebih diutamakan dibandingkan kuantitas. Saya pun yakin kita dapat sepakat, bahwa saat berbicara tentang prestasi atau positioning skala global, maka salah satu hal terpenting untuk diupayakan adalah terkait profesionalisme. Dalam konteks festival, ini berarti ada tema yang jelas, ada content yang relevan, ada komunikasi dan kerjasama yang baik dengan pihak-pihak terkait, mulai dari pre-planning sampai dengan post-execution. Perlu senantiasa diingat pula terkait potensi dampak sosial penyelenggaraan festival bagi masyarakat dan lingkungannya. Khusus dalam konteks Jogja yang Istimewa, definisi maupun parameter “kualitas” dan “profesionalisme” juga perlu menjadikan aspek kearifan lokal sebagai bahan pertimbangan.

Bertolak dari hal-hal tersebut, saya, atas nama Pemda DIY, menyambut baik diselenggarakannya JFFE  2024, yang dimaksudkan sebagai ruang temu bagi berbagai pemangku kepentingan festival, baik dari dalam dan luar DIY.

Semoga perhelatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk saling berdiskusi, demi mengidentifikasi potensi, tantangan, dan peluang terkait penyelenggaraan festival di Indonesia. Yang tidak kalah penting, semoga perhelatan ini dapat secara nyata memantapkan cita-cita “penguatan posisi Yogya dalam peta kota festival dunia”.

Akhirnya, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Jogja Festivals Forum & Expo (JFFE) 2024 saya nyatakan resmi dibuka.

Terima kasih.



Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 07 Maret 2024



GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X