BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan ROBOTECH#12 ELECTRICAL SHOCKWAVE 2024

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua.

 

Yang saya hormati Ketua Jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, para peserta, tamu undangan dan saudara sekalian.

 

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, yang masih memperkenankan kita semua untuk hadir di sini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.

 

Hadirin sekalian,

Kita hidup di dunia di mana teknologi memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan teknologi telah merevolusi cara kita berkomunikasi, belajar, bekerja, dan bahkan dalam menikmati hidup. Bidang teknologi, telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam beberapa dekade terakhir, dan hal ini merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi orang-orang yang bekerja di bidang ini. Namun, siapa yang akan terus mendorong bidang ini di masa depan? Jawabannya sederhana: generasi muda.

Dan hari ini, kita berkumpul di sini untuk menyaksikan aktualisasi peran generasi muda dalam membangun teknologi yang beradab untuk masa depan. Kita hidup di era Robotech, di mana teknologi berkembang dengan sangat cepat, dan kita perlu memastikan, bahwa kita membangun teknologi yang tidak hanya maju tetapi juga beretika dan bermoral, serta memenuhi aspek keberlanjutan.

Generasi muda adalah kunci untuk hal ini. Merekalah yang akan mengambil alih tongkat estafet dan terus mendorong teknologi ke depan. Saudara-saudara sekalian-lah, yang akan membawa ide-ide segar, perspektif baru, dan solusi inovatif demi mewujudkan dunia yang lebih baik.

Merupakan fakta yang tak terbantahkan, bahwa generasi muda di seluruh dunia telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam bidang teknologi. Generasi muda juga telah memahami, bahwa teknologi bukan hanya sebuah alat, tetapi juga sebuah tanggung jawab. Buktinya, telah ada upaya untuk membangun teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan, dan bukan hanya untuk segelintir orang. Telah ada komitmen moral, bahwa teknologi tidak menjadi alat destruktif, melainkan alat untuk kemajuan dan perkembangan peradaban.

Bertolak dari hal-hal tersebut, saya atas nama Pemerintah Daerah DIY menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Electrical Shockwave 2024, yang tentunya dimaksudkan sebagai wadah bagi para generasi muda untuk saling berdialog, saling belajar, sekaligus ajang mengasah kemampuan dan pengalaman.

Mari pastikan, bahwa perhelatan ini dapat memberi motivasi lebih bagi setiap pihak yang terlibat, untuk kedepannya terus mengembangkan kompetensi diri, terus berkarya, dan berinovasi, demi mewujudkan dunia dimana teknologi tidak hanya menjadi alat, tetapi juga menjadi kekuatan untuk kebaikan.

Sekian dan terima kasih.









Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 09 Maret 2024



GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X