BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan Pengarahan RAPAT KERJA DAERAH 2024 GERAKAN PRAMUKA KWARTIR DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKAR

Assalamualaikum wr. wb.

Salam Sejahtera dan Salam Pramuka,



Seperti umumnya, Rakerda di setiap organisasi adalah forum evaluasi program kerja tahun lalu untuk ancangan program ke depan. Demikian pula dengan Rapat Kerja Daerah Tahun 2024  Gerakan Pramuka Kwartir Daerah DIY.

 

Untuk itu, materinya harus bisa menjawab tantangan saat ini dan prediksinya tahun depan, seiring tema “Memperkuat Peran Seluruh Komponen Gerakan Pramuka dalam Mewujudkan Pramuka Istimewa Yang Berkarakter dan Berbudaya”.

Sudah jamak, bahwasanya berbagai kemajuan dan perkembangan zaman, akan membawa dampak perubahan secara global. Implikasinya, berbagai dimensi perubahan, pada akhirnya menghadirkan tantangan dan peluang bagi nilai-nilai kebudayaan dan peradaban.

 

Bertolak dari hal tersebut, budaya perlu dire-aktualisasi untuk menghadapi kompleksitas dan dinamika perubahan, serta diperkaya dan diperluas dimensi esensinya, untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.



Peserta Rakerda Gerakan Pramuka DIY sekalian,

 

"Memperkuat Peran Seluruh Komponen Gerakan Pramuka dalam Mewujudkan Pramuka Istimewa Yang Berkarakter dan Berbudaya", bukan sekadar rangkaian kata. Melainkan, sebuah visi yang mesti kita realisasikan bersama. Sebuah impian yang kita harapkan menjadi nyata, di mana Pramuka tidak hanya dikenal, tapi juga dirasakan kehadirannya oleh masyarakat luas.

 

Kita berdiri di sini hari ini, tidak hanya sebagai anggota sebuah organisasi, melainkan sebagai pemimpin perubahan, sebagai pembentuk karakter bangsa. Oleh karena itu, penting bagi Kwarda Pramuka DIY untuk mencanangkan "quick wins", langkah nyata yang dapat segera dirasakan oleh masyarakat.

 

Setiap anggota Pramuka harus membuktikan, bahwa melalui kepramukaan, mereka bisa menghasilkan karya nyata dan meraih prestasi. Pendidikan kepramukaan adalah tentang perjuangan, tentang latihan fisik dan mental yang berkelanjutan untuk membentuk kader pembangunan yang handal.

 

Kita harus memastikan bahwa Pramuka tidak terjebak dalam formalitas yang bersifat karitatif semata, melainkan menjadi aktivis yang terjun langsung ke lapangan, merealisasikan Program Kerja keputusan Rakerda.

 

Dengan demikian, kita tidak hanya berhak menyebut Pramuka sebagai kawah candradimuka anak bangsa, melainkan sebagai pembentuk calon pemimpin masa depan yang handal, berkarakter, dan berbudaya. Mari kita buktikan bahwa Pramuka adalah lebih dari sekadar sebuah kegiatan, melainkan adalah cara hidup yang akan membawa kita semua menuju puncak prestasi dan kebaikan.

 

Dalam konteks kerja nyata, semisal Komisi 2, harus bergerak cepat dalam mewujudkan anggota Gerakan Pramuka yang tidak hanya berkarakter dan berbudaya, tapi juga mampu menjadi aktor perubahan dalam pembangunan nasional maupun internasional. Ini bukan hanya tentang pencapaian, melainkan tentang bagaimana kita membentuk individu yang mampu berpikir dan bertindak demi kebaikan bersama.

 

Adapun Komisi 3, diharapkan untuk mengoptimalkan fondasi bagi terciptanya Pramuka sebagai organisasi yang modern dan dinamis. Langkah ini akan memastikan kita bergerak lebih cepat, lebih efektif, dan lebih efisien. Sedangkan Komisi 4, tugasnya adalah meningkatkan peran Pramuka dalam pengabdian kepada masyarakat. Kita harus memanfaatkan teknologi informasi dalam kehumasan, sehingga kita tidak hanya diakui secara lokal, tapi juga mendapat pengakuan global.

 

DENGAN contoh pemaknaan dan harapan seperti itu, saya mengajak segenap jajaran Pramuka untuk bersama-sama mengucap: “Bismillahhirahmannirahim”, guna menandai peresmian pembukaan Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Kwarda DIY Tahun 2024 pada hari ini.

 

Semoga Pramuka DIY dapat menjadi Manusia Pancasila, yang benar-benar mampu membumi-aktualisasikan motto pengabdiannya: “Satyaku kudharmakan, Dharmaku kubhaktikan”.

Selamat ber-Rakerda, semoga sukses!

 

Sekian, terima kasih.



Yogyakarta, 16 Maret 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,

selaku Ketua Majelis Pembimbing

Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta




HAMENGKU BUWONO X