BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan JOGJA INTERNATIONAL FURNITURE AND CRAFT FAIR INDONESIA (JIFFINA)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,




Yang saya hormati:

 

  • Keluarga Besar Forum Jogja International Furniture & Craft Fair Indonesia, selaku penyelenggara acara;

  • Para produsen furniture dan para buyer;

  • Tamu Undangan serta Hadirin sekalian.

 

Selamat datang di JOGJA INTERNATIONAL FURNITURE AND CRAFT FAIR INDONESIA, atau JIFFINA 2024, sebuah event bisnis furniture dan kerajinan yang telah berlangsung untuk kali ke-8.

Di sini, kita berkumpul sebagai keluarga besar yang memiliki visi bersama, untuk menginspirasi perubahan menuju gaya hidup ekologis berkelanjutan, selaras dengan tema "The Power of Eco Lifestyle Inspiring Forever".

Saya berdiri di hadapan Anda, bukan hanya sebagai perwakilan Pemerintah Daerah DIY, tetapi sebagai bagian dari komunitas yang berbagi visi besar. Sebuah visi tentang industri, yang tidak hanya berkembang, tapi juga selaras dengan spirit melestarikan planet kita.

 

Saudara-saudara sekalian yang saya hormati,

Merujuk pada laporan dari Grand View Research pada 2022, pasar furniture dan kerajinan global sedang mengalami pertumbuhan yang signifikan, dengan tingkat pertumbuhan per tahun mencapai 8,6%, dari tahun 2022 hingga 2030.

Lebih menggembirakan lagi, pasar global furnitur ramah lingkungan, diprediksi akan tumbuh dari senilai Empat Puluh Enam Koma Delapan Delapam Miliar Dolar AS (46,88 miliar dolar AS) pada 2022 menjadi Delapan Puluh Tiga Koma Tujuh Puluh Enam  Miliar Dolar AS (83,76 miliar dolar) pada 2030. Apabila kita maknai secara lebih mendalam, hal ini bukan hanya merefleksikan angka, tetapi cerminan dari pergeseran nilai dan kesadaran masyarakat global, yang kian peduli terhadap kelestarian planetnya.

 

Hadirin sekalian,

Melalui JIFFINA 2024, FORUM JIFFINA JAWA-BALI berupaya menghadirkan pameran berskala internasional, yang tidak hanya mempertemukan para pelaku industri furniture dan kerajinan dari wilayah Jawa dan Bali, tetapi juga menjembatani transaksi, antara pembeli internasional dengan produsen lokal dengan segala potensinya.

Lokasi Yogyakarta yang strategis, ketersediaan infrastruktur yang memadai, dan akses langsung internasional, menjadi kekuatan yang kita miliki, untuk melambungkan komoditas furniture ke ranah global.

Untuk itu, Saya ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam atas partisipasi, dukungan, dan kepercayaan dari seluruh pihak, hingga acara ini dapat terselenggara.

Mari kita gunakan momentum ini, untuk tidak hanya merayakan keindahan dan keunikan produk, tetapi juga untuk berkomitmen pada nilai-nilai yang lebih besar, yaitu: keberlanjutan, inovasi, dan kolaborasi.

Sekali lagi, saya mengucapkan selamat atas penyelenggaraan JIFFINA 2024. Akhir kata, dengan disertai rasa syukur memohon ridho-Nya, serta mengucap Bismillaahirrahmaanirrahiim, Pameran JIFFINA Tahun 2024, Saya nyatakan dibuka secara resmi.

 

Sekian, terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



Yogyakarta, 2 Maret 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



 

HAMENGKU BUWONO X