BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PEKAN TILAWATIL QURAN LPP RRI KE-54 TINGKAT NASIONAL

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Yang saya hormati:

  • Direktur Jenderal Bina Islam Kementerian Agama RI;

  • Direktur Utama LPP RRI beserta jajaran;

  • Para tamu undangan dan hadirin sekalian

 

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita dapat hadir pada acara Pekan Tilawatil Quran LPP RRI KE-54 Tingkat Nasional Tahun 2024 hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat.



Hadirin sekalian,

Al-Qur’an merupakan petunjuk dan pedoman hidup bagi umat Islam. Maka sudah seharusnya, kita sebagai umat muslim mencintai Al-Qur’an dengan membaca dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bukti kecintaan kita terhadap Al-Qur’an diwujudkan dengan pelaksanaan Pekan Tilawatil Quran pada hari ini. Juga sebagai bentuk manifestasi dan kepedulian umat Islam.

 

Patut kita sadari bersama bahwa Pekan Tilawatil Quran, merupakan sebuah sarana dalam memahami, mendalami, dan mengimplementasikan isi dan kandungan Kitab Suci Al-Qur’an pada kehidupan sehari-hari dalam rangka penegakan nilai-nilai agama, khususnya bagi generasi muda.

 

Pendidikan dan ilmu agama, yang tersampaikan dan diterapkan dengan baik, diharapkan mampu mencetak generasi penerus, yang tak hanya pintar dan cerdas, namun berakhlak mulia.

Peran pendidikan sangat penting, untuk mencetak generasi bangsa yang berkualitas dan bermutu, baik secara keilmuan, moral, dan agama. Ketiga unsur itu kian urgen, dalam menghadapi berbagai tantangan dan kondisi sosial masyarakat saat ini. Seperti, berbagai kekerasan, bullying dan tindakan kriminal pada anak.

Kondisi ini tentu harus dapat kita cegah, dengan terus mendidik dan membentengi diri anak-anak, dengan bekal ilmu dan agama, selaras dan berimbang antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan moral-spiritual.

Akhir kata, demikian yang dapat saya sampaikan. Selamat mengikuti Pekan Tilawatil Quran. Semoga semakin meningkatkan kecintaan kita kepada Al-Qur’an dan Allah SWT meridhai langkah kita.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yogyakarta, 21 Maret 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X