BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan KUNJUNGAN KERJA DAN STUDI BANDING KOMISI D DPRD PROVINSI JAWA TENGAH TENTANG PENYELENGGARA

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

dan Salam Sehat Sejahtera teruntuk kita semua,



Yang saya hormati Ketua Komisi D DPRD Jawa Tengah beserta rombongan, Perwakilan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, dan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Hari ini, kita bersilaturahim di sini untuk membahas salah satu tantangan terbesar yang dihadapi dunia perhubungan: menciptakan sistem transportasi yang berkelanjutan, efisien, dan inklusif. Dalam hal ini, Pemda DIY, melalui Dinas Perhubungan, telah berkomitmen untuk mewujudkan Mobilitas Berkelanjutan di wilayah DIY, sebagai sebuah tujuan pembangunan.

 

Mobilitas Berkelanjutan, dapat dicapai melalui Terwujudnya Jalan Berkeselamatan Berbasis Angkutan Umum. Ini bukan hanya tentang menyediakan akses transportasi yang lebih baik; tetapi lebih jauh, ini adalah tentang memperkuat fondasi komunitas kita, menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.

 

Tantangan selanjutnya, adalah tentang inovasi, tentang bagaimana kita dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk menciptakan pelayanan publik yang lebih efisien dan responsif. Dengan meningkatnya kualitas perhubungan, kita tidak hanya meningkatkan kualitas layanan transportasi, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

 

Demikian pula, Pengelolaan Sektor Transportasi di Kawasan Strategis di DIY dalam mendukung pelestarian lingkungan, adalah suatu keharusan. Ini adalah tentang harmonisasi antara kemajuan dan pelestarian. Dengan mendukung misi keempat Gubernur DIY, kami berkomitmen untuk melestarikan lingkungan dan warisan budaya melalui pendekatan penataan ruang dan pertanahan yang lebih bijaksana.



Hadirin sekalian,

 

Integrasi Mobilitas sebagai Layanan (MaaS), Transportasi Ramah Lingkungan, dan Pengembangan Urban yang Terpadu, menjadi tiga pilar yang akan mengantar kita menuju masa depan transportasi yang kita impikan. Melalui MaaS, kita memudahkan akses ke berbagai moda transportasi dengan satu sentuhan di aplikasi.

 

Dengan mendorong penggunaan kendaraan listrik dan transportasi umum yang berkelanjutan, kita mengurangi jejak karbon kita dan menjaga kualitas udara. Dan melalui Pengembangan Urban Terpadu, kita menciptakan komunitas yang lebih hidup dan berkelanjutan, di mana transportasi adalah bagian integral dari kehidupan sehari-hari.

 

Seiring pemikiran seperti itulah, saya mengucapkan Selamat Datang kepada peserta Kunjungan Kerja dari Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah. Semoga kunjungan kerja ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, dalam meningkatkan layanan perhubungan di Provinsi Jawa Tengah maupun Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Sekian, terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 2 April 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,





HAMENGKU BUWONO X