BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan SOSIALISASI PANCASILA MELALUI BUKU TEKS UTAMA PENDIDIKAN PANCASILA

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Yang saya hormati:

  • Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila;

  • Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama RI DIY;

  • Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta;

  • Para narasumber dan hadirin sekalian.

 

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat hadir pada acara hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

 

Bapak/Ibu sekalian,

 

Pancasila merupakan dasar dan ideologi yang harus diilhami dan diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara seluruh rakyat Indonesia. Pancasila tidak hanya sebagai dasar negara, tetapi juga menjadi pedoman bagi seluruh warga negara Indonesia untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Di tengah perkembangan zaman, identitas manusia Indonesia harus terus dipertahankan salah satunya dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Pancasila berperan sebagai filter untuk dapat menyaring pengaruh buruk dari kemajuan zaman. Dengan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila, generasi muda dapat membentuk karakter kuat, membangun sikap positif, dan berperan aktif dalam kemajuan bangsa.

Bapak/Ibu sekalian,

 

Saya menyambut baik diterbitkannya Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila sebagai wujud dari upaya pemerintah untuk memperkuat internalisasi Pancasila yang semula hanya melekat dengan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

 

Sebagai pilar fundamental dalam membentuk fondasi moral khususnya generasi muda, pendidikan Pancasila berfokus pada nilai-nilai seperti toleransi, keberagaman, dan tanggung jawab sosial.

 

Untuk itu, buku ini menjadi penunjang proses belajar dan mengajar pendidikan Pancasila yang dapat digunakan di seluruh kurikulum dan dapat diakses juga secara daring. Menjadi harapan kita bersama, dengan penguatan Pendidikan Pancasila melalui buku ini, dapat melahirkan generasi pelajar Pancasila berkarakter dan siap menghadapi tantangan masa depan dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

 

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridai upaya kita dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang berjiwa Pancasila.

 

Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Yogyakarta, 03 April 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X