BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan LAUNCHING BANTUAN SOSIAL JAMINAN SOSIAL LANJUT USIA (JSLU) TAHUN 2024

Assalamu’alaikum wr. wb.

Salam sehat-sejahtera bagi kita semua,

 

Yang saya hormati:

  • Jajaran Forkopimda Daerah Istimewa Yogyakarta;

  • Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta;

  • Kepala Otoritas Jasa Keuangan DIY;

  • Bupati, Penjabat Bupati, dan Penjabat Walikota se-DIY;

  • Direksi Bank BPD DIY;

  • Hadirin sekalian, khususnya para penerima Jaminan Sosial.

 

Mengawali Acara Launching Bantuan Sosial Jaminan Sosial Lanjut Usia (Jslu) Tahun 2024, marilah kita panjatkan doa ke hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa, agar acara ini berjalan lancar atas ridha-Nya.

 

Para hadirin, khususnya sesepuh dan pinisepuh sekalian,

Dalam tradisi kehidupan yang kita anut, di mana visi kesejahteraan dan kemajuan bersama menjadi tujuan utama, peran serta dan keberadaan generasi lanjut usia, merupakan sebuah kekayaan yang tak ternilai.

Kita, sebagai bagian dari bangsa yang besar, berdiri di atas prinsip-prinsip kemanusiaan, yang mendambakan keharmonisan, keberlangsungan, dan kesinambungan generasi. Oleh karenanya, memberikan penghormatan, dan penghargaan kepada para lansia, bukanlah sekadar pilihan. Itu adalah sebuah panggilan jiwa, kewajiban moral yang menuntut tindakan nyata dari kita semua.

Ketika berbicara tentang pencapaian pembangunan kesehatan, yang telah sukses menurunkan angka kelahiran, angka kesakitan, dan angka kematian, serta meningkatkan Umur Harapan Hidup, kita memasuki era baru. Di era ini, keberhasilan tersebut harus diikuti, dengan terciptanya generasi lansia yang tangguh, aktif, mandiri, dan tetap produktif.

Meski dihadapkan pada tantangan penurunan fisik dan mental—sebagai siklus alamiah kehidupan, kita harus tetap “nguri-uri” semangat kaum lansia, agar mereka tetap dapat berkontribusi bagi masyarakat, dalam setiap peran mereka.

Namun, kenyataan seringkali menunjukkan, bahwa banyak di antara generasi terhormat ini, menghadapi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasarnya, ketika hidupnya bergantung pada keluarga atau bantuan sukarela. Apalagi bagi mereka yang telah mencapai usia senja tanpa cukup pensiun, aset, atau tabungan, kehidupan sehari-hari bisa menjadi sebuah perjuangan.

 

Para hadirin, khususnya para sesepuh dan pinisepuh sekalian,

Atas situasi itulah, saya ingin menyampaikan, bahwa Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, berkomitmen untuk mengemban amanah luhur, demi mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat, termasuk generasi lanjut usia.

Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang No. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, pemerintah senantiasa berupaya memberikan pelayanan dan perlindungan sosial bagi lansia, agar mereka dapat menikmati hidup yang layak dan bermartabat. Apalagi, Di Daerah Istimewa Yogyakarta, saya melihat penurunan angka kemiskinan ekstrem,  sebagai sebuah tanda kemajuan, yang juga tidak terpisahkan dari kontribusi lansia kita.

Untuk itu, pada hari ini, dengan rasa hormat, saya menyampaikan bahwa melalui Bantuan Sosial Jaminan Sosial Lanjut Usia (JSLU), Pemda DIY berupaya memberikan kehidupan yang lebih baik bagi lansia terlantar dan rentan.

Ini adalah bukti komitmen pemerintah, untuk memastikan, bahwa mereka tidak hanya mendapatkan penghormatan, tetapi juga perlindungan dan dukungan yang mereka butuhkan. Mereka bukan hanya sumber inspirasi, tapi juga kekuatan yang dapat diberdayakan sebagai aset berharga bagi bangsa.

Di hari yang penuh makna ini, saya ingin mengucapkan apresiasi atas kerjasama yang terjalin, sehingga penyaluran JSLU dapat terlaksana. Kerjasama tersebut melibatkan berbagai pihak, termasuk Pemda DIY, Jajaran Forkopimda, Jajaran Pemerintah Kabupaten dan Kota se-DIY, serta mitra dunia usaha--dalam hal ini Bank BPD DIY, dan pihak-pihak lain yang tak dapat saya sebut satu per satu.

Sebagai penutup, mari bersama-sama meneguhkan komitmen,  untuk memastikan bahwa para lansia merasa dihargai, dilindungi, dan terus mampu berkontribusi bagi generasi yang akan datang. Karena, di setiap tarikan nafas mereka, terpatri kebijaksanaan dan kekuatan, yang bisa menjadi cahaya pemandu bagi kita semua.

Semoga upaya kita dalam meningkatkan kesejahteraan lansia, tidak hanya menjadikan mereka sebagai simbol kekuatan dan ketangguhan, namun juga menjadi mercusuar inspirasi bagi peradaban DIY di masa depan.

 

Sekian, terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb.



Yogyakarta, 3 April 2023

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,



HAMENGKU BUWONO X