BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PENYERAHAN LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN BPK RI ATAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DAERA

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Yang Saya hormati :

 

  • Ketua dan Anggota DPRD DIY;

  • Anggota V BPK RI

  • Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI

  • Kepala BPK Perwakilan Provinsi DIY beserta seluruh jajarannya;

  • Perwakilan OPD dan seluruh hadirin yang berbahagia.

 

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat   Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga kita semua masih diperkenankan untuk hadir sekaligus bersilaturahmi pada Rapat Paripurna DPRD DIY dalam rangka Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Anggaran 2023 dalam keadaan selamat dan sehat sejahtera.

 

Hadirin sekalian yang saya hormati,

 

Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah harus mampu memberikan keyakinan yang memadai apakah Laporan Keuangan telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material. Wujud pertanggungjawaban atas kinerja pemerintahan merupakan bentuk dari Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan yang sekaligus menjadi bagian pengejawantahan amanah masyarakat kepada pemerintah, merefleksikan pola demokrasi, dan sebagai upaya kendali atas integritas pengelolaan pemerintahan.

 

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah merupakan tahapan terakhir dari Pengelolaan Keuangan Daerah dan wajib dilakukan pemeriksaan yang dimulai dari tahapan Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaan Penatausahaan, serta Akuntansi dan Pelaporan.

 

Hasil pemeriksaan ini akan dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan atas Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah pada Pemda DIY, untuk menghindari potensi permasalahan yang sama kedepannya. Adapun setiap temuan pemeriksaan, akan segera kami pelajari, dan kemudian ditindaklanjuti

 

Saya berharap, di masa mendatang, Pemda DIY dapat senantiasa meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan penganggaran, pelaksanaan serta pertanggungjawaban. Oleh karena itu, kami mohon dukungan dan kerjasama dari semua pihak, serta mohon bimbingan dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi DIY.

 

Atas nama Pemerintah Daerah DIY, Saya mengucapkan terimakasih kepada Badan Pemeriksa Keuangan RI khususnya BPK Perwakilan Provinsi DIY, yang telah melakukan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2023.

 

Akhir kata, demikian yang dapat Saya sampaikan. Mari wujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, dilandasi nilai-nilai positif, dan jadikan integritas sebagai fondasi utama, karena integritas adalah kunci membangun peradaban yang berkualitas. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridhoi kita semua. Aamin.

 

Sekian dan terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 4 April 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X