BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

S a m b u t a n PUNCAK PERINGATAN HARI KARTINI DIY TAHUN 2024

Assalamu’alaikum wr. wb.

Salam Sejahtera bagi kebahagiaan Ibu-Ibu semua,

 

Yang saya hormati:

  • Jajaran FORKOPIMDA DIY;

  • Para Ketua Organisasi dan Asosiai Perempuan se-DIY, dan segenap Panitia Peringatan Kartini Tahun 2024;

  • Para Tamu Undangan, khusunya Ibu-Ibu Penerus Cita-Cita Kartini yang berbahagia,

 

SETIAP kita memperingati Hari Kartini selayaknya hari ini, marilah kita hening-cipta sejenak guna menghormati Kartini, yang oleh Pramudya Ananta Toer dijuluki ”Putri Abad Baru

 

Pada hari ini pula, kita merayakan episode bersejarah gerakan moral, merefleksikan lahirnya kesadaran kaum perempuan yang termanifestasi dalam sosok Kartini.

 

Kehadiran Kartini merintis pendidikan wanita, telah membuka peluang perempuan Indonesia –sebagaimana prediksi Naisbitt: “memasuki ruang abad kebangkitan perempuan, dan menjadi timing, untuk berperan di dalamnya”.



Ibu-Ibu Kartini Abad-21 yang berbahagia,

 

JIKA merefleksi sejarah, sebelum Abad-20, gerakan perempuan merupakan panggilan sejarah sebagai bentuk perlawanan fisik terhadap penjajah. Pasca perjuangan fisik dari para pahlawan perempuan itu, kemudian lahirlah sosok Kartini.

 

Ia menganjurkan emansipasi perempuan melalui pendidikan, agar mereka cakap melaksanakan peran ibu sebagai pendidik pertama calon pemimpin bangsa.

Kini, perjuangan emansipasi wanita bisa tampak lebih nyata, dan mestinya harus lebih dari apa yang dirintis Kartini. Perjuangan itu, setidaknya dapat diejawantah dalam beberapa spektrum: kesetaraan gender, keadilan dalam ranah hukum, memberdayakan perempuan sebagai sumber pengetahuan, meningkatkan kepemimpinan oleh perempuan, dan meningkatkan upaya perempuan berorganisasi.

 

Dengan harapan seperti itulah, saya menyambut baik Puncak Peringatan Hari Kartini DIY Tahun 2024 ini, dengan temanya: “Mandaya Dayaning Wanodya: Perempuan Berdaya untuk Masa Depan Istimewa”.

 

Akhir kata, semoga Tuhan yang Maha Kuasa, berkenan melimpahkan taufiq serta hidayah-Nya bagi perempuan Indonesia, agar selalu berada di jalan lurus-Nya, melanjutkan jalan yang telah dirintis oleh Kartini.

Sekian, terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb



Yogyakarta, 23 April 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X