BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan SAFARI SYAWALAN KABUPATEN BANTUL

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Yang saya hormati:

  • Wakil Gubernur DIY;

  • Bupati Bantul beserta seluruh jajarannya;

  • Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bantul;

  • Jajaran Forkopimda Kabupaten Bantul;

  • Para Pejabat Sipil, TNI dan Polri;

  • Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan warga Bantul.



Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk menghadiri Safari Syawalan Kabupaten Bantul dalam keadaan sehat wal’afiat.

 

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, Saya atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta maupun pribadi dan keluarga untuk menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada segenap masyarakat Bantul. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin bagi Bapak/Ibu/Saudara sekalian.



Hadirin sekalian,

 

Hari Raya bukan hanya tentang kegembiraan dan kemenangan. Namun, juga merupakan momen untuk merefleksikan nilai-nilai luhur, yakni saling memaafkan. Harapannya, dengan saling memaafkan, kita tidak hanya meraih ketenangan dalam diri, tetapi juga mempererat ikatan kebersamaan dan memperkuat jalinan persaudaraan.

 

Ramadan yang telah kita jalani tidak saja ibadah yang memiliki spiritual, tetapi juga ritual keagamaan yang mendidik kepekaan sosial agar memiliki rasa empati tinggi. Kemenangan yang sesungguhnya adalah ketika kita mampu melanjutkan untuk mengamalkan nilai-nilai kebaikan dengan tujuan menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

 

Momentum Syawalan hari ini, harus kita maknai juga sebagai  momentum pemersatu lewat silaturrahim. Hakikatnya adalah adanya kelapangan dada untuk melepas rasa dendam, menciptakan suasana yang kondusif, membangun sesuatu yang baik bagi agama, bangsa, dan negara.

 

Sebagai penutup, mari kita renungkan betapa pentingnya saling memaafkan dalam membawa kedamaian dan keberkahan dalam hidup kita. Dengan saling memaafkan, kita bukan hanya meraih ketenangan dalam diri sendiri, tetapi juga mengangkat martabat kita di hadapan Allah SWT.

 

Mari kita tinggalkan belenggu dendam dan kesombongan, serta berlomba-lomba dalam kebaikan dengan hati yang penuh lapang dan kasih sayang. Semoga setiap langkah kita di masa mendatang dipenuhi dengan kebaikan, dan semoga kita semua dapat merasakan kedamaian yang sejati dengan saling memaafkan.

 

Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Bantul, 03 Mei 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA





HAMENGKU BUWONO X