BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PEMBUKAAN MUSABAQAH TILAWATIL QURAN DAERAH KE-30 DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2024

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Yang saya hormati:

  • Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY;

  • Walikota dan Bupati se-DIY;

  • Ketua Baznas se-DIY;

  • Ketua LPTQ se-DIY;

  • Para hadirin dan tamu undangan.

 

Alhamdulillah, atas izin Allah SWT pada hari ini kita berkesempatan untuk melaksanakan Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Daerah ke-30 DIY Tahun 2024 di Kulon Progo dalam keadaan sehat wal’afiat.



Bapak/Ibu sekalian,

 

Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) merupakan salah satu upaya untuk mendalami arti, makna, kandungan dan keindahan Al Qur’an sekaligus meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. MTQ bukanlah sekadar lomba untuk mencari qori-qoriah dan hafidz hafidzah terbaik, tapi juga menjadi salah satu media untuk syiar Islam.

Penyelenggaraan MTQ Daerah Ke-30 DIY Tahun 2024 ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk terus menggali, memahami, dan mengaplikasikan isi kandungan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga terlahir pribadi-pribadi yang memiliki kemampuan intelektual dan religiusitas yang tinggi.

Sebab, Al Qur’an sebagai pedoman hidup tidak hanya dibaca tapi juga dipelajari dan diamalkan. Dengan mempelajari dan mengamalkan Al Qur’an kita berharap generasi muda dapat menjaga akhlak dan membentengi diri dari pengaruh negatif dari perkembangan zaman.



Bapak/Ibu sekalian,

 

Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Baznas DIY, Baznas Kab/Kota serta Lembaga Amil Zakat di DIY yang turut mendukung terselenggaranya acara hari ini. Saya berharap, sinergisitas dan kolaborasi ini dapat terus berlanjut.

Akhir kata, demikian yang dapat saya sampaikan. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Musabaqah Tilawatil Qur’an Daerah ke-30 Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2024 saya nyatakan dibuka secara resmi.

Semoga penyelenggaraan MTQ ini dapat mendorong semangat dan minat baca masyarakat terhadap Al Qur’an. Mari kita wujudkan masyarakat yang beradab, berintelektual dan religius.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Yogyakarta, 04 Mei 2024

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X