BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan LOMBA BARIS BERBARIS DIPTYA AJI PARAMITA IX (LBB DIYATA IX)

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua.

 

Yang saya hormati: Kepala Sekolah dan Seluruh Keluarga Besar SMAN 11 Yogyakarta, Para Tamu Undangan, Para Peserta Lomba, Segenap Unsur Panitia Lomba, dan Saudara sekalian.

 

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita masih diperkenankan hadir di sini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.



Hadirin sekalian,

Kegiatan baris berbaris adalah latihan fisik untuk menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan, yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu. Baris-berbaris bukan semata soal jasmani, tapi juga soal melatih disiplin, tanggung jawab, kerjasama, dan kesiapsiagaan. Baris-berbaris, juga dapat memupuk rasa persatuan, rasa senasib sepenanggungan, serta memupuk ikatan antar sesama. Itu semua adalah bekal penting dalam rangka mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan untuk mendukung aktivitas kehidupan, serta bagi kualitas kehidupan itu sendiri.

Sedangkan kegiatan berlomba, esensinya bukan untuk mencari pemenang, melainkan untuk melatih semangat juang, jiwa sportifitas, dan kemampuan untuk dapat berfungsi maksimal meski sedang berada di bawah tekanan. Berlomba, juga merupakan alat uji batas kemampuan diri, sekaligus sebagai motivator untuk terus maju dan meraih prestasi.

Berbekal semangat itulah, saya, atas nama Pemerintah Daerah DIY, menyambut baik diselenggarakannya Lomba Baris-berbaris (LBB) Diptya Aji Paramita IX tingkat DIY dan Jawa Tengah.

Kepada semua pihak terkait, mari pastikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan lancar dan kondusif, serta dapat membawa manfaat dan kebaikan bagi semua.

Adapun kepada para peserta, saya ucapkan selamat berlomba. Jalani seluruh tahapan dengan sportif dan penuh kegembiraan. Saya percaya, selepas kegiatan ini, saudara semua, tanpa terkecuali, akan menjadi pribadi-pribadi yang lebih siap: dalam melanjutkan peran dan tanggung jawab di masa sekarang sebagai sosok pelajar dan kaum muda, serta dalam mempersiapkan diri di masa datang, sesuai dengan jalan yang saudara pilih.

Akhirnya, teriring Bismillahirrahmanirrahim, Lomba Baris Berbaris (LBB) Diptya Aji Paramita IX, saya nyatakan resmi dibuka.

Sekian dan terima kasih.



Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 18 Mei 2024



GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X