BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan Pembukaan JAMBORE SOSIAL POTENSI SUMBER KESEJAHTERAAN SOSIAL (PSKS) DIY TAHUN 2024

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Om Swastyastu

Namo Buddhaya

Salam Kebajikan

 

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan kuasa-Nya, kita dapat menghadiri Acara Jambore Sosial Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2024.



Hadirin sekalian,

 

Hari ini, kita bersyukur dapat berkumpul di acara yang memiliki makna penting Jambore Sosial Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial menjadi wadah bagi kita semua untuk mempererat tali persaudaraan dan merayakan kepedulian kita terhadap masyarakat. Acara ini sekaligus menjadi upaya kita bersama dalam meningkatkan partisipasi berbagai unsur dalam masyarakat dalam pembangunan kesejahteraan sosial di Daerah Istimewa Yogyakarta.Kegiatan ini juga merupakan wadah bagi kita semua untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.

 

DIY, merupakan daerah yang kaya akan potensi sosial, dan melalui kerja sama dan kolaborasi yang erat, kita dapat memaksimalkan potensi tersebut untuk kesejahteraan bersama Potensi dan sumber Kesejahteraan Sosial yang ada di DIY diantaranya Taruna Siaga Bencana, Penyuluh Sosial Masyarakat, Pekerja Sosial Profesional. Pekerja Sosial Masyarakat Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan, Karang Taruna, Lembaga Kesejahteraan Sosial Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga, Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat, dan Dunia Usaha akan menjadi kekuatan yang besar dalam penanganan masalah sosial Ketika mereka berkolaborasi dan bersinergi.

 

Keterlibatan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial memahamkan kita bahwa pembangunan kesejahteraan sosial tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri. Diperlukan kerja sama yang sinergis antara berbagai pihak baik pemerintah maupun masyarakat. Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) merupakan aset berharga yang dimiliki masyarakat, dan melalui jambore ini, diharapkan akan membawa sinergisitas dan kolaborasi nyata antar PSKS untuk berperan mengatasi berbagai permasalahan sosial yang semakin kompleks.

Dengan Jambore sosial ini saya berharap dapat menginspirasi, belajar, dan bertumbuh bersama Kegiatan ini menjadi wadah bagi PSKS se-DIY untuk bersatu membangkitkan semangat dalam penanganan masalah sosial. Media meningkatkan sinergisitas, kolaborasi, dan kapasitas pilar-pilar sosial dalam penyelenggaraan usaha kesejahteraan sosial khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta Jambore Sosial PSKS menjadi, adalah kesempatan bagi kita untuk saling mendukung, berbagi pengalaman, dan merencanakan langkah-langkah ke depan untuk mewujudkan perubahan sosial yang positif

 

"Restorasi Sosial, Aksi Nyata untuk Jogja" yang menjadi tema kegiatan Jambore Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial Tahun 2024 ini sangat relevan dengan tantangan yang sedang dihadapi oleh masyarakat DIY saat ini. Tema ini menggambarkan tekad kita untuk melakukan restorasi nilai-nilai sosial yang telah menjadi bagian dari identitas budaya kita dengan mengedepankan kerja sama, gotong royong, kebersamaan, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial, sebagai landasan yang kokoh dalam meningkatkan kesejahteraan sosial. Melalui pemahaman yang mendalam tentang potensi yang dimiliki oleh masyarakat serta sumber daya yang tersedia, kita dapat merancang dan melaksanakan program-program yang lebih efektif dan berkelanjutan dalam meningkatkan kesejahteraan sosial di DIY.



Hadirin sekalian,

 

Mari kita mempertahankan semangat kebersamaan dan kepedulian sosial kita. Saya berharap, kegiatan ini menghasilkan komitmen untuk terus bergerak maju, membangun Daerah Istimewa Yogyakarta yang lebih baik, lebih sejahtera, dan lebih berdaya.

 

Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan acara ini. Semoga Jambore Sosial ini dapat menjadi awal yang baik bagi upaya kita bersama dalam menciptakan Daerah Istimewa Yogyakarta yang lebih sejahtera dan berkeadilan bagi semua.

 

Akhir kata, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim. Kegiatan Jambore Sosial Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2024 secara resmi saya nyatakan dibuka.

 

Sekian dan terima kasih

 

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh,

Om Shanti Shanti Shanti Om.

Namo Buddhaya.

 

Yogyakarta, 18 Mei 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X