BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan ATAS PENYAMPAIAN CATATAN DAN REKOMENDASI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YO


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.

Yth. Pimpinan dan Anggota Dewan, serta Hadirin yang berbahagia,

Puji dan Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,  karena atas berkat, rahmat dan karunia-Nya, kita semua dapat menghadiri  Rapat Paripurna DPRD DIY atas penyampaian Catatan dan Rekomendasi LKPJ Gubernur DIY Tahun 2023, dalam  keadaan sehat wal’afiat.



Pimpinan dan Anggota Dewan, serta Hadirin yang berbahagia,

 

Pada tanggal 28 Maret 2024 yang lalu, telah Saya sampaikan LKPJ Gubernur DIY Tahun 2023 dalam Rapat Paripurna DPRD DIY tentang Penghantaran LKPJ Gubernur DIY Tahun 2023. Penyusunan LKPJ Gubernur DIY Tahun 2023 tersebut, bertujuan untuk memenuhi pertanggungjawaban kepada publik atas pembangunan daerah DIY selama tahun 2023, serta memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah; Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012, tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta; serta Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

 

Sebagai tindak lanjut penyampaian LKPJ Gubernur DIY Tahun 2023, DPRD DIY telah membentuk pansus, yang selanjutnya secara simultan melakukan pencermatan, pembahasan, pendalaman serta dialog bersama OPD terkait terhadap substansi yang kami sajikan dalam LKPJ. Berdasarkan hasil pencermatan, pembahasan, dan pendalaman terhadap substansi LKPJ, hari ini telah disampaikan laporan hasil kerja pansus, berupa Catatan dan Rekomendasi DPRD DIY bagi Pemda DIY terhadap LKPJ Gubernur DIY Tahun 2023.

 

Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi sebesar-besarnya, atas hasil kerja Pansus berupa keputusan DPRD DIY, tentang Catatan dan Rekomendasi DPRD DIY terhadap LKPJ Gubernur DIY Tahun 2023. Kami meyakini, bahwa catatan dan rekomendasi tersebut merupakan kontribusi DPRD DIY sebagai wakil rakyat demi perbaikan kinerja Pemda DIY yang memberi manfaat, berkelanjutan dan berkesinambungan dari waktu ke waktu. Catatan dan Rekomendasi DPRD DIY terhadap LKPJ Gubernur DIY Tahun 2023, tidak hanya merupakan inspirasi untuk peningkatan kinerja, tetapi juga menjadi tuntunan untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menciptakan tata kelola pemerintahan yang lebih baik, serta meningkatkan kualitas pembangunan yang akhirnya dapat mewujudkan pemerataan dan kesejahteraan masyarakat DIY.

 

Seiring capaian sasaran pembangunan daerah yang semakin baik dari waktu ke waktu, Pemda DIY juga masih menghadapi beberapa tantangan yang perlu diatasi bersama. Saya menyadari, bahwa masih terdapat sejumlah tantangan pembangunan daerah masa kini dan masa depan yang perlu diantisipasi, terlebih lagi dengan dinamika nasional dan global yang niscaya mempengaruhi. Untuk itu kualitas pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta, harus terus ditingkatkan dan terus dibenahi, sebagai wujud akuntabilitas publik.

 

Upaya pendistribusian dan penentuan fokus maupun lokus pembangunan daerah, harus dilakukan secara lebih tepat dan efektif, disertai upaya kerjasama lintas sektor, dalam bingkai semangat kebersamaan, kegotongroyongan, golong gilig, sehingga mampu mengurai persoalan pembangunan daerah. Terutama dalam menekan angka kemiskinan, menurunkan tingkat ketimpangan wilayah maupun pendapatan, meningkatkan kualitas lingkungan hidup, serta menyelesaikan berbagai permasalahan pembangunan lainnya.

 

Secara khusus, tindak lanjut terhadap Catatan dan Rekomendasi DPRD DIY atas LKPJ Gubernur DIY tahun 2023 ini, akan menjadi hal yang harus kami perhatikan, serta akan ditindaklanjuti dengan mematuhi peraturan perundangan yang berlaku dan melihat peluang solusi kolaboratif., serta menjadi rangkaian evaluasi dokumen strategis perencanaan pembangunan daerah.



Yth. Pimpinan dan Anggota Dewan, serta Hadirin yang berbahagia,

 

Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih bagi semua pihak yang sudah bekerja keras, berkontribusi dan bekerja sama mendukung sejumlah capaian pembangunan selama kurun waktu satu tahun terakhir.  Semoga kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan, sehingga kita dapat semakin fokus, pada upaya mencapai kinerja pembangunan, agar semakin baik dan lebih berkualitas.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menolong kita, serta memberikan petunjuk dan lindungan-Nya dalam setiap langkah kepada kita sekalian.

 

Sekian, dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta,  20 Mei 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X