BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PENGUKUHAN PENGURUS DPD GABUNGAN INDUSTRI PARIWISATA INDONESIA (GIPI)

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua.

 

Yang saya hormati: Ketua Umum dan seluruh Keluarga Besar DPD GIPI DIY, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Para Tamu Undangan, dan Saudara sekalian.



Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita semua masih diperkenankan untuk hadir di sini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.

Pertama-tama, saya, atas nama Pemerintah Daerah DIY, menyampaikan selamat, kepada Saudara semua yang pada hari ini dilantik sebagai Pengurus DPD GIPI DIY Periode 2024-2029. Posisi di dalam kepengurusan, beserta tanggung jawab yang mengikutinya, pada hakekatnya merupakan sebuah pengakuan atas komitmen personal dan profesional, kiprah, serta konsistensi pengabdian saudara-saudara selama ini di bidang yang relevan. Sehingga, tentu merupakan harapan kita semua, bahwa Saudara-saudara dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Jalankan peran dan fungsi dengan baik dan  penuh keseriusan. Jangan menganggap jabatan ini sekedar status atau formalitas belaka, tanpa dibarengi dengan komitmen untuk melaksanakan kerja nyata. Maknai kekuatan (power) yang “dipinjamkan” kepada Saudara-saudara ini sebagai motivasi lebih, dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengawal, mengawasi, membimbing dan membina anggota DPD GIPI DIY.

Selanjutnya, kita tahu bahwa setiap organisasi, lahir untuk menjawab kebutuhan sekelompok orang pada suatu masa. Organisasi dipercaya sebagai kendaraan menuju kondisi yang dicita-citakan bersama. Sehingga, untuk tetap eksis, berdaya, dan memberdayakan, sebuah organisasi wajib untuk senantiasa peka dan tanggap terhadap kondisi internal dan eksternal terkini beserta segala tantangan, peluang, serta potensi yang melingkupi kondisi tersebut. Bertolak dari pemahaman tersebut, semoga pengurus yang baru dapat menjalankan fungsi dan perannya dengan baik: sebagai penjaga visi misi yang telah digariskan di awal eksistensi GIPI, dan di saat yang sama, memastikan relevansinya dengan dinamika zaman. Adalah harapan kita semua, bahwa di tangan Saudara-saudara, DPD GIPI DIY khususnya, dapat menjadi lebih baik lagi dalam menjawab kebutuhan para anggotanya, serta eksistensinya dapat lebih mendatangkan manfaat dan kebaikan nyata, baik bagi lingkungan fisik dan sosialnya.

Akhirnya, kepada jajaran Pengurus DPD Gabungan Industri Pariwisata Indonesia, saya ucapkan selamat bertugas. Kiranya Tuhan yang Maha Kuasa, senantiasa menunjukkan jalan dan mengiringi langkah Saudara semua.

Sekian dan terima kasih.



Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 22 Mei 2024



GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X