BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SAMBUTAN PELANTIKAN PENJABAT KETUA TIM PENGGERAK PKK KABUPATEN KULON PROGO DAN KOTA YOGYAKARTA

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,

Yang saya hormati:

  • Ketua Umum Tim Penggerak PKK Daerah Istimewa Yogyakarta beserta jajarannya,

  • Ibu ATIK SINGGIH RAHARJO, selaku Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta periode sebelumnya,

  • Ibu ARIETA ANIS SUPRAPTI TRIYONO, S.Si dan Ibu DR. Ir. SUGIHARTI MULYA HANDAYANI SUGENG PURWANTO, MP., masing-masing selaku Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kulon Progo, dan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta;

  • Perwakilan dari TP PKK Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta;

  • Para Tamu Undangan dan seluruh Hadirin yang berbahagia



Syukur-Alhamdulillah, bahwasanya pada hari ini, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, telah melaksanakan salah satu agenda penting transisi pemerintahan, melalui pelantikan Penjabat Bupati Kulon Progo dan Penjabat Walikota Yogyakarta.

 

Rasa syukur itu kian bermakna, karena pengangkatan kedua penjabat tersebut, diikuti dengan pelantikan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta, sebagai manifestasi sinergisitas tata kelola pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat, sesuai dengan  perannya masing-masing.



Hadirin sekalian,

 

Dari saat pertama kali didirikan, PKK telah berhadapan dengan berbagai dinamika, yang telah membentuk karakter dan menguji ketahanan organisasi. Namun, di antara berbagai tantangan yang kita hadapi, ada satu tantangan yang memerlukan perhatian kita yang lebih mendalam dan kian urgen—yaitu peningkatan kesadaran dan aksi nyata terhadap pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan, dimulai dari inti masyarakat kita: keluarga.

 

Tantangan ini bukanlah krisis yang mencengkeram, tetapi sebuah peluang untuk menggalang kekuatan dan kebijaksanaan kita, dalam merawat bumi yang kita tinggali. Dalam hal ini, PKK, sebagai mitra pemerintah, memiliki peran kunci untuk menggerakkan dan menginspirasi keluarga di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk menjalankan praktik-praktik pengelolaan sampah yang efektif dan bertanggung jawab.

 

Solusi yang dapat ditawarkan adalah melalui pemberdayaan ekonomi keluarga, dengan menanamkan prinsip-prinsip ekologi. Dengan mengajarkan dan melatih keluarga untuk mengadopsi metode daur ulang, komposting, dan penggunaan produk ramah lingkungan, kita tidak hanya memperkuat ekonomi, tetapi juga membantu menjaga keindahan dan kesehatan lingkungan ekologis.

 

Dalam menghadapi urbanisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, PKK dapat memainkan peran vital dalam mempromosikan pentingnya menjaga keseimbangan antara kemajuan dan kelestarian. Kita dapat mengembangkan program-program yang tidak hanya meningkatkan keterampilan, tetapi juga kesadaran akan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan melalui kegiatan sehari-hari.



Hadirin yang saya muliakan,

 

Saat ini adalah saatnya bagi kita untuk bertindak dengan hati-hati dan penuh pertimbangan, dengan kebijaksanaan yang bersumber dari kepedulian kita terhadap masa depan. Peran PKK sangatlah strategis, tidak hanya dengan menjadi pelopor, tetapi juga menjadi penjaga keharmonisan alam dan kehidupan sosial.

 

Dalam semangat kolaborasi, mari bersama-sama memperkuat komitmen kita untuk menjadikan setiap rumah di Yogyakarta sebagai contoh nyata dari keharmonisan antara manusia dan alam. Bersama-sama, kita akan mendemonstrasikan, bahwa kesadaran lingkungan dan pengelolaan sampah yang baik, akan membawa manfaat yang berlimpah, tidak hanya bagi keluarga kita tetapi juga bagi komunitas dan bangsa.

 

Dan kepada Ibu ARIETA ANIS SUPRAPTI TRIYONO, S.Si dan Ibu DR. Ir. SUGIHARTI MULYA HANDAYANI SUGENG PURWANTO, MP.,  yang kini memegang estafet kepemimpinan, saya mengucapkan selamat berkarya dan mengabdi.

 

Semoga dengan dukungan dan doa kita semua, mereka akan membawa PKK Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta mencapai tingkat keberhasilan yang baru dalam pengelolaan lingkungan dan upaya-upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Sekian, terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.





Yogyakarta, 22 Mei 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X