BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

S a m b u t a n PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN PENJABAT BUPATI KULON PROGO DAN PENJABA

Assalamualaikum wr. wb.

Salam sejahtera untuk kita semuanya,



Yang saya hormati:

  • Pimpinan dan Anggota DPRD DIY;

  • Jajaran Forkopimda DIY;

  • Para Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta;

  • Anggota FORKOPIMDA Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta;

  • Penjabat Bupati Kulon Progo dan Penjabat Walikota Yogyakarta tahun 2023-2024, Saudari NI MADE DWIPANTI INDRAYANTI S.T., M.T.  dan Saudara SINGGIH RAHARJO SH., M.Ed;

  • Saudari Ir. SRIE NURKYATSIWI, M.M.A dan Saudara SUGENG PURWANTO, M.M.A, masing-masing selaku Penjabat Bupati Kulon Progo dan Penjabat Walikota Yogyakarta, yang diambil sumpahnya pada hari ini;

  • Tamu Undangan dan Hadirin sekalian,




PUJI-syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas limpahan berkah serta rahmat-Nya, sehingga kita dapat hadir pada acara Pengangkatan Penjabat Bupati Kulon Progo dan Walikota Yogyakarta dalam suasana khidmat.

 

Pelantikan dan pengambilan sumpah Penjabat Bupati Kulon Progo dan Penjabat Walikota Yogyakarta, bertujuan untuk mencegah terjadinya kevakuman kepemimpinan di Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta. Sehingga dengan demikian, proses pengambilan keputusan penting dapat dilaksanakan, sesuai kewenangan yang melekat pada Penjabat Bupati dan Penjabat Walikota.




Atas terlaksananya agenda pada hari ini, rasa hormat, disertai penghargaan dan ungkapan rasa terima kasih yang mendalam, saya sampaikan kepada Pemerintah cq. Menteri Dalam Negeri RI, yang telah menerbitkan Keputusan Menteri Dalam Negeri, Nomor 100.2.1.3-1080 dan 100.2.1.3-1081 Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Walikota Yogyakarta dan Penjabat Bupati Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Demikian pula, saya menyampaikan ucapan terima kasih disertai penghargaan kepada Penjabat Bupati Kulon Progo, Saudari NI MADE DWIPANTI INDRAYANTI S.T., M.T. dan Penjabat Walikota Yogyakarta, Saudara SINGGIH RAHARJO SH., M.Ed, atas pengabdian dan jasa-jasanya selama memangku jabatan. Dengan berbagai penghargaan dari Pemerintah, seiring apresiasi dan partisipasi masyarakat terhadap program-program pembangunan yang berorientasi kerakyatan.

 

Selain itu, selama menjabat, keduanya juga telah menjalin hubungan baik, dan aktif berkoordinasi dalam rangka pembangunan dengan Pemerintah Daerah DIY.




Para Tamu Undangan dan Hadirin yang saya hormati,

 

Terkait ketugasan sebagai Penjabat Bupati dan Penjabat Walikota, Saudari Ir. SRIE NURKYATSIWI, M.M.A dan Saudara SUGENG PURWANTO, M.M.A, menurut hemat saya, keduanya akan dapat menunaikannya dengan baik, meski berbagai tantangan telah mengemuka, sehingga berbagai solusi harus segera direalisasi.

 

Salah satu tantangan yang krusial adalah desentralisasi pengelolaan sampah, dimana dalam konteks hari ini, Pemerintah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo dapat merencanakan dan mengimplementasikan konsep tata kelola sampah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan; penguatan edukasi lingkungan--baik melalui pendidikan formal maupun informal, dan melalui skema pemberdayan masyarakat.

 

Bagi Pemerintah Kota Yogyakarta, setidaknya harus diperkuat dengan visi tata kelola “food waste”/sampah pangan, mengingat sektor pariwisata dan bisnis kuliner berpotensi menyumbang sampah pangan.

 

Demikian pula dengan Kabupaten Kulon Progo, perlu mengoptimalkan peran wilayahnya sebagai kota bandara, melalui potensi smart agriculture, smart tourism, dan circular economy.

 

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo harus cermat dalam memilih dan memilah investor dengan ketat dalam proyek Aeropolis YIA sesuai program pembangunan yang telah direncanakan bersama Pemda DIY.

 

Kerjasama dengan JICA harus terus dilanjutkan, untuk mengintegrasikan kawasan bandara dengan pengembangan infrastruktur pendukung yang efektif, agar memberikan benefit nyata bagi Kabupaten Kulon Progo.

 

Selain itu, UMKM di Kulon Progo harus diberikan dukungan khusus untuk meningkatkan standar dan keterjangkauan produk mereka, agar memenuhi kualitas internasional, dengan memanfaatkan fasilitas di YIA, untuk mempromosikan produk-produk terkurasi kepada wisatawan internasional.  Tentu dengan didukung optimalisasi platform SiBakoel Jogja, untuk penetrasi pasar UMKM melalui IT.

 

Terakhir, Penjabat Bupati Kulon Progo, juga harus memastikan program bantuan sosial lansia dapat berjalan efektif dalam bingkai akuntabilitas dan berkeadilan, dengan kolaborasi lintas sektor antar level pemerintahan.

 

Dengan harapan seperti itulah, kepada Saudari Ir. SRIE NURKYATSIWI, M.M.A, dan Saudara SUGENG PURWANTO, M.M.A., saya ucapkan: “Selamat Bekerja dan Mengabdi!”

 

Akhir kata, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, agar visi Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta tetap terjaga kesinambungannya, sesuai amanah dan harapan masyarakat.

 

Sekian, terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.




Yogyakarta, 22 Mei 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X