BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan GRAND OPENING PROGRAM SATU MASJID DUA PENGHAFAL QURAN SE-DIY

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Yang saya hormati Pengasuh Yayasan Manhalul Hikam, para perwakilan pengurus masjid serta para tamu undangan.

 

Puji dan syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena rahmat-Nya kita dapat hadir pada hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Hadirin sekalian,

 

Tahfidz, atau menghafal Al-Qur'an, adalah perjalanan penuh dedikasi untuk memelihara keaslian dan kemurnian pesan suci yang diturunkan kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam. Proses ini bukan hanya sekedar menghafal teks, tetapi juga sebuah upaya luhur untuk menjaga agar tidak ada perubahan, pemalsuan, atau bahkan kelupaan terhadap wahyu Ilahi yang agung.

 

Seringkali, ada anggapan bahwa menghafal Al-Qur'an menjadi beban. Namun, sejatinya, menghafal Al-Qur'an membawa berkah yang tak terhingga. Ini tidak hanya membuka pintu ke arah spiritualitas yang lebih dalam, tetapi juga membawa manfaat nyata dalam perkembangan akademis. Santri yang terbiasa dengan tahfidz secara tidak langsung belajar disiplin, pengaturan waktu, serta serius dalam menjalani kehidupan.

 

Saya mendukung gerakan Satu Masjid Dua Penghafal Quran yang digagas Yayasan Manhalul Hikam. Namun, harus menjadi perhatian bersama, bahwa goals dari gerakan ini bukan semata-mata melahirkan para penghafal Al-Qur’an. Tapi juga, melahirkan para pengamal Al-Qur’an.

 

Di masa depan, harapan kita adalah agar program Tahfidz ini terus ditingkatkan. Semoga semakin banyak santri yang mampu menghafal Al-Qur'an dengan baik, sehingga warisan ilmu suci ini dapat terus terjaga dan terpelihara dengan baik. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala senantiasa memberikan berkah dan kesuksesan kepada kita semua.

 

Akhir kata, demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Allah SWT meridhai langkah dan upaya kita bersama.

 

Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Yogyakarta, 26 Mei 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X