BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan NATIONAL ROADSHOW INFO FRANCHISE & BUSINESS CONCEPT EXPO (IFBC) 2024

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.



Yang saya hormati:

  • Ketua Kehormatan dan jajaran pengurus Asosiasi Franchise Indonesia;

  • Para owner dan pengelola franchise dari seluruh Indonesia;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian,



Mengawali sambutan ini, saya ucapkan Selamat datang di National Roadshow Info Franchise & Business Concept Expo (IFBC) 2024, yang berlangsung di Jogja Expo Center, Yogyakarta. Kita semua berkumpul di sini, dalam semangat yang sama, yaitu menggali potensi dan mewujudkan mimpi besar kewirausahaan Indonesia.

Dengan rasa syukur yang mendalam, saya ingin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya, kepada semua pihak yang telah bekerja tanpa lelah, untuk mempersiapkan dan menyukseskan acara yang luar biasa ini. Penyelenggaraan IFBC tidak hanya sekedar pameran bisnis, namun sebuah wujud nyata dari komitmen kita bersama, dalam mendorong serta memajukan roda perekonomian nasional.

 

Para hadirin yang terhormat,

Kekuatan sebuah bangsa terletak pada inovasi dan kreativitas putra-putrinya. Oleh karena itu, pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional, telah meletakkan fondasi yang kuat bagi kita untuk terus berinovasi dan berkarya.

Inisiatif ini adalah bukti nyata, bahwa setiap langkah kita diiringi oleh kebijakan yang mendukung, serta ekosistem yang kondusif untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Penelitian menunjukkan bahwa kebijakan kewirausahaan di Indonesia telah menciptakan lingkungan yang kondusif untuk mendukung dan mengembangkan kewirausahaan.

Namun, implementasinya memerlukan perhatian khusus untuk memastikan bahwa kebijakan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik di setiap daerah. Lebih lanjut, studi juga menunjukkan bahwa meskipun ada peningkatan jumlah wirausaha mikro, perhatian lebih harus diberikan untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah, agar memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional

Untuk itu, kita di sini, di IFBC 2024, tidak hanya menyaksikan, namun menjadi bagian dari gerakan besar ini. Kehadiran setiap stan, setiap produk, dan setiap ide yang ditampilkan merupakan bukti nyata dari keberanian, kreativitas, dan komitmen untuk terus maju dan berkembang.

Inilah saatnya bagi para wirausaha Indonesia untuk memanfaatkan setiap kesempatan, menggali setiap potensi, dan memperluas jaringan, demi Indonesia yang lebih mandiri dan berdaya saing tinggi. Saya mengajak semua peserta dan pengunjung untuk tidak hanya melihat, namun juga berinteraksi, berkolaborasi, dan berinovasi. Jadikan IFBC sebagai titik tolak untuk membuka lembaran baru dalam kisah sukses Anda.

 

Hadirin sekalian,

Marilah kita saling mendukung, karena dalam kebersamaan dan sinergi, kita akan mampu menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dengan lebih baik. Sebelum mengakhiri sambutan ini, sekali lagi saya ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat. Keberhasilan acara ini adalah cerminan dari semangat kolektif dan dedikasi yang tidak terbatas terhadap masyarakat, bangsa dan negara.

Akhir kata, disertai rasa syukur dan terlebih dahulu memohon ridho-Nya, “Bismillaahirrahmaanirrahiim”, National Roadshow Info Franchise & Business Concept Expo (IFBC) 2024, saya nyatakan dibuka secara resmi.

Sekian, dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Yogyakarta, 31 Mei 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



HAMENGKU BUWONO X