BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan KONSER YOGYAKARTA ROYAL ORCHESTRA “PERINGATAN 75 TAHUN HUBUNGAN DIPLOMATIK INGGRIS INDONESI

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.

 

Yang Mulia Duta Besar Inggris, Bapak Dominic Jermey;

 

Yang saya hormati:

  • Jajaran Forkopimda Daerah Istimewa Yogyakarta;

  • Bupati dan Walikota se-Daerah Istimewa Yogyakarta;

  • Tamu Undangan dan Hadirin sekalian.

Selamat datang di perhelatan Konser Yogyakarta Royal Orchestra,  untuk merayakan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Inggris. Momentum ini juga menjadi sebuah milestone penting, yang merefleksikan kerjasama dan kepercayaan, yang telah kita bangun bersama sejak tahun 1949.

 

Yang Mulia Duta Besar Inggris dan hadirin sekalian,

Kerjasama yang terjalin antara Inggris dan Indonesia, membentang jauh melampaui arena politik dan ekonomi, merambah ke dalam wilayah budaya yang luas dan mendalam. Kerjasama ini telah membuahkan pemahaman dan apresiasi lintas budaya yang tidak hanya luas tapi juga mendalam, menjadikan setiap interaksi sebagai jembatan yang memperkuat ikatan antara dua bangsa ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah menyaksikan salah satu capaian nyata kerjasama ini: digitalisasi manuskrip-manuskrip bersejarah dari Keraton Yogyakarta. Bagi saya pribadi, digitalisasi ini bukan sekadar pelestarian warisan; melainkan upaya monumental dalam memelihara dan merayakan kekayaan budaya yang tak terukur. Tentu untuk memastikan, bahwa kebijaksanaan dan keindahan yang terkandung dalam setiap lembaran manuskrip tersebut, senantiasa terjaga untuk pencerahan masa depan umat manusia.

Digitalisasi juga juga membuka asa, bagi upaya mengembalikan koleksi manuskrip dalam bentuk fisik ke Kraton Yogyakarta.  Sehingga, generasi mendatang, dapat terus belajar dan menghargai kekayaan sejarah dan budaya.

 

Hadirin yang saya hormati,

Orkestra yang akan kita saksikan hari ini, bukanlah sekedar pertunjukan musik, tetapi juga manifestasi dari kerjasama dan harmoni. Sebagaimana setiap pemain dalam orkestra memberikan suara yang unik tetapi harmonis, begitu pula hubungan dua negara. Setiap diskusi, setiap pertukaran kebudayaan, dan setiap dialog adalah not-not musik yang berpadu, dalam simfoni yang lebih besar dari hubungan kedua bangsa.

Hari ini juga perwujudan dari harapan kita—harapan bahwa kerjasama ini tidak hanya akan dipertahankan tetapi juga ditingkatkan, khususnya dalam bidang budaya. Kita berdiri di bahu raksasa, menghormati warisan yang telah diletakkan oleh para pendahulu kita, dan berjanji untuk memperkuat jalinan ini dengan setiap tindakan demi kesejahteraan kedua bangsa.

Untuk itu, mari kita nikmati pertunjukan Yogyakarta Royal Orchestra, sebagai simbol dan selebrasi dari semangat yang kita bagi. Semoga musik yang mengalir, dapat mengingatkan kita semua tentang kekuatan dan keindahan persaudaraan, dan memperkuat komitmen kita untuk masa depan yang lebih cerah.

Akhir kata, terima kasih atas kehadiran Anda semua. Selamat menikmati persembahan musik ini, seiring meresapi makna setiap irama dan melodi yang menggema, sebagai lambang dari persahabatan yang tak tergoyahkan antara Inggris dan Indonesia.

Sekian, dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



Bangsal Kepatihan, 4 Juni 2024

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X