BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan KONSER KOLABORASI YOGYAKARTA ROYAL ORCHESTRA DENGAN THE BRITISH ARMY BAND COLCHESTER “PERI

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.

 

Yang Mulia Duta Besar Inggris, Bapak Dominic Jermey;

Yang saya hormati:

  • Wakil Gubernur DIY

  • Jajaran Forkopimda Daerah Istimewa Yogyakarta;

  • Bupati dan Walikota se-Daerah Istimewa Yogyakarta;

  • Tamu Undangan dan Hadirin sekalian.

Selamat datang di perhelatan Konser Kolaborasi Yogyakarta Royal Orchestra dengan The British Army Band Colchester  untuk merayakan 75 tahun hubungan antara Indonesia dan Kerajaan Inggris. Momentum ini juga menjadi sebuah milestone penting, yang merefleksikan kerjasama dan kepercayaan, yang telah kita bangun bersama sejak tahun 1949.

 

Yang Mulia Duta Besar Inggris dan hadirin sekalian,

Kerjasama yang terjalin antara Inggris dan Indonesia, membentang jauh melampaui arena politik dan ekonomi, merambah ke dalam wilayah budaya yang luas dan mendalam. Kerjasama ini telah membuahkan pemahaman dan apresiasi lintas budaya yang tidak hanya luas tapi juga mendalam, menjadikan setiap interaksi sebagai jembatan yang memperkuat ikatan antara dua bangsa ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah menyaksikan salah satu capaian nyata kerjasama ini: digitalisasi manuskrip-manuskrip bersejarah dari Keraton Yogyakarta. Bagi saya pribadi, digitalisasi ini bukan sekadar pelestarian warisan; melainkan upaya monumental dalam memelihara dan merayakan kekayaan budaya yang tak terukur. Tentu untuk memastikan, bahwa kebijaksanaan dan keindahan yang terkandung dalam setiap lembaran manuskrip tersebut, senantiasa terjaga untuk pencerahan masa depan umat manusia.

Digitalisasi juga juga membuka asa, bagi upaya mengembalikan koleksi manuskrip dalam bentuk fisik ke Kraton Yogyakarta.  Sehingga, generasi mendatang, dapat terus belajar dan menghargai kekayaan sejarah dan budaya.

 

Bapak Dominic Jermey dan Hadirin sekalian,

Saya juga dengan bangga ingin menyampaikan bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta telah menerima Sertifikat Warisan Dunia UNESCO, "The Cosmological Axis of Yogyakarta and Its Historic Landmarks," dari UNESCO dalam sidang “World Heritage Center” (WHC) ke-45 di Riyadh, Saudi Arabia, pada tanggal 18 September 2023 silam. Pengakuan ini menjadi bukti nyata atas kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki Yogyakarta, serta komitmen untuk melestarikannya.

Keberhasilan ini, tak hanya memperkuat identitas Yogyakarta di mata dunia, namun juga memperdalam pemahaman dan apresiasi terhadap nilai-nilai budaya yang kita miliki. Sehubungan dengan itu, orkestra yang akan kita saksikan hari ini bukanlah sekedar pertunjukan musik, tetapi juga manifestasi dari harmoni budaya yang kita junjung tinggi.

Sebagaimana setiap musisi orkestra memberikan suara yang unik nan harmonis, begitu pula hubungan antara Indonesia dan Inggris. Setiap diskusi, setiap pertukaran kebudayaan, dan setiap dialog antara kita, adalah not-not musik yang berpadu dalam simfoni yang lebih besar dari hubungan kedua bangsa.

Untuk itu, mari kita nikmati pertunjukan Kolaborasi Yogyakarta Royal Orchestra dengan The British Army Band Colchester, sebagai simbol dan selebrasi semangat kebudayaan, seiring meresapi makna setiap irama dan melodi yang menggema, sebagai lambang dari persahabatan, yang tak tergoyahkan antara Inggris dan Indonesia.

Sekian, dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

Bangsal Kepatihan, 4 Juni 2024

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



HAMENGKU BUWONO X