BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan KUNJUNGAN PESERTA PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR ANGKATAN IX BADAN PENGEMBANGAN SUMB

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua.

 

Yang saya hormati: Para Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan IX Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Kalimantan Selatan beserta Para Pendamping, Perwakilan Pemerintah Daerah DIY, serta Hadirin sekalian.

 

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas anugerah yang dilimpahkanNya, sehingga kita semua masih diperkenankan untuk mengikuti agenda hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.

Saudara-saudara,

Yogyakarta adalah Daerah Istimewa, sebagaimana ditegaskan dan diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Spirit utama Keistimewaan adalah “Dari Jogja untuk Indonesia”, yaitu bagaimana agar kearifan lokal dan karakter ke-Jogja-an dapat senantiasa menguatkan Indonesia. Sedangkan Filosofi utama Jogja yang Istimewa adalah Hamemayu Hayuning Bawana; sebuah kearifan lokal yang diupayakan mendasari dan menjiwai seluruh sendi kehidupan.

Di lingkup Pemda DIY, filosofi tadi adalah penuntun bagi “Terlaksananya pelayanan pemerintah yang handal, efisien dan transparan, dalam suasana kehidupan yang aman dan tenteram dalam kerangka otonomi daerah”.

Lebih spesifik, Hamemayu Hayuning Bawana termanifestasi dalam Budaya Satriya, yang didukung oleh pengerahan segenap sumber daya (golong gilig) secara terpadu (sawiji) dalam kegigihan dan kerja keras yang dinamis (greget), disertai kepercayaan diri dalam bertindak (sengguh), dan tidak mudah terintimidasi oleh potensi resiko (ora mingkuh).




Hadirin sekalian,

Kembali ke agenda kita hari ini, saya, atas nama Pemda DIY, mengucapkan selamat datang, dan menyambut baik kehadiran saudara-saudara di Jogja. Adalah sebuah kehormatan bagi kami, karena dipandang layak untuk menjadi locus studi lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan IX Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Mari bersama manfaatkan kesempatan yang baik ini untuk saling belajar dan bertukar pikiran. Mari kita pastikan, agar momentum komunikasi dan interaksi yang berharga ini, dapat mendatangkan inspirasi dan kebaikan bagi kita semua.

Akhirnya, sekian pengantar umum dari saya. Hal-hal lebih detail dan relevan dengan substansi kunjungan, dapat didiskusikan dengan rekan-rekan dari Pemerintah Daerah DIY yang telah hadir di sini.

Terima kasih.







Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 05 Juni 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X