BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan MANAGEMENT COMPETITION 2024 HMPSM FBE UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua.

 

Pertama-tama mari mengucap syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, yang masih memperkenankan kita untuk mengikuti agenda kegiatan pada hari ini dalam keadaan sehat.

Hadirin sekalian,

 

Kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional pada 2023 mencapai 60,5%. Potensi ini tentu perlu didorong dengan transformasi UMKM Go Digital. Seperti yang ditargetkan pemerintah, sebanyak 40 juta UMKM akan terdigitalisasi ini.

Untuk mewujudkan UMKM DIY sebagai  pelopor transformasi ekonomi berkelanjutan di era digital, inovasi dan teknologi menjadi sebuah keniscayaan. Digitalisasi menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

 

Digitalisasi UMKM juga menjadi upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis dan operasional. Digitalisasi UMKM bukan sekadar menggunakan teknologi untuk menjual produk, namun juga pembina dan pendamping UMKM di DIY. Untuk itu, perlu peran dan sinergi dari segenap stakeholders untuk dapat menjawab tantangan tersebut.

 

Transformasi digital di segala lini yang menandai era Industri 4.0 memuat disrupsi. Terutama karena era ini telah mengalami “percepatan” oleh pandemi, yang in-itself pun telah mengguncang seluruh sendi kehidupan. Menjadi tanggung jawab kita semua, untuk bersama-sama bangkit dan berkembang, sesuai bidang kemampuan dan batas kewenangan kita masing-masing.

Saya mengapresiasi diselenggarakannya Management Competition 2024 yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan wujud kontribusi terhadap UMKM Go Digital. Mari kita upayakan kerja sama dan kolaborasi untuk mendorong UMKM naik kelas dan mampu bersaing di era digital.

Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 08 Juni 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,



HAMENGKU BUWONO X