BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan FESTIVAL TEMPO DOELOE "Sumringah Menyang Sekolah"

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Yang saya hormati:

  • Kepala Kundha Kabudayan DIY;

  • Para peserta Festival Tempo Doeloe; serta

  • Hadirin dan tamu undangan

 

Hadirin sekalian,

Kebudayaan memiliki peran yang sangat penting dalam memperkuat identitas dan karakter Daerah Istimewa Yogyakarta. Kebudayaan adalah salah satu pilar utama pembangunan di samping pendidikan dan pariwisata. Urusan kebudayaan memegang kedudukan strategis di DIY. Dengan disahkannya UU Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY, kebudayaan semakin menguat dan menjadi payung atau pengarusutamaan pembangunan di segala bidang.

 

Tak kalah penting, kita juga memiliki landasan hukum yang mengatur tentang pelestarian budaya melalui Peraturan Daerah DIY Nomor 6 Tahun 2012 tentang Pelestarian Warisan Budaya dan Cagar Budaya, serta Perda DIY Nomor 4 Tahun 2011 tentang Tata Nilai Budaya Yogyakarta.

 

Pada prinsipnya upaya pelestarian warisan budaya dan cagar budaya bertujuan untuk menjaga dan mempertahankan informasi sejarah serta eksistensinya. Untuk itu, penting untuk melibatkan publik dalam melestarikan warisan dan cagar budaya yang inklusif dan berkelanjutan.

 

Pelibatan publik terutama generasi muda menjadi kunci keberhasilan dalam pelestarian warisan dan cagar budaya, yang tidak hanya memberikan hiburan namun juga menjadi sarana membawa manfaat kesejahteraan untuk masyarakat sekitar.

 

Generasi muda harus kita dorong untuk menumbuhkan rasa memiliki terhadap warisan dan cagar budaya. Harapannya, dengan rasa memiliki tersebut, generasi muda akan lebih peduli untuk turut berkontribusi menjaga dan melestarikan warisan dan cagar budaya. Salah satunya dari aksi vandalisme.

 

Saya berharap melalui Festival Tempo Doeloe ini menjadi sarana sosialisasi pentingnya menjaga dan melestarikan warisan dan cagar budaya. Selain itu juga menjadi upaya edukasi untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai warisan dan cagar budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya bagi para pelajar.

Sebagai wujud dari warisan kebesaran peradaban manusia, menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga serta melestarikannya agar tetap menjadi entitas terdepan suar pengetahuan dan sejarah dari peradaban.

 

Sekian.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Yogyakarta, 10 Juni 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



HAMENGKU BUWONO X