BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

S a m b u t a n PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA JABATAN KEPALA OTORITAS JASA KEUANGAN PERWAKILAN DIY

Assalamualaikum wr. wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,

 

Yang saya hormati:

  • Bapak Inarno Djajadi, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Bursa Karbon, merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK;

  • Bapak Parjiman dan Bapak Eko Yunianto,

  • Bapak Sumarjono, Kepala OJK Provinsi Jawa Tengah

  • Bapak Untung Nugroho - Advisor Departemen Manajemen dan Pengembangan Daerah

  • Para Tamu Undangan dan Hadirin, khususnya Masyarakat Jasa Keuangan DIY yang berbahagia,

Serah Terima Jabatan di lingkungan OJK merupakan salah satu upaya memelihara dinamika gerak maju, menuju ke tataran yang lebih kualitatif, sekaligus momentum evaluasi, misi, dan tugas yang telah dijalankan.

Bagi yang akan berpisah, tentu sarat kenangan selama bertugas. Kepada Bapak Parjiman, semoga berbagai pengalaman selama mengabdi di Yogyakarta, dapat dijadikan bekal berharga dalam mengemban jabatan lain sebagai Kepala OJK Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

 

Kepada Bapak Eko Yunianto, yang akan melanjutkan tugas sebagai Kepala OJK Daerah Istimewa Yogyakarta, kami berharap dapat meningkatkan kerja sama dan sinergi dengan Pemerintah Daerah DIY.



Hadirin sekalian,

 

Selama ini, telah terjalin harmonisasi hubungan kemitraan dengan Pemda DIY. Kehadiran OJK DIY juga terasa dalam optimalisasi peran Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah DIY (TPAKD DIY). Harapannya, kedepan dapat turut memperbesar skala produksi lokal, dengan memanfaatkan ruang ekspansi sistem keuangan, terutama bagi kalangan UMKM.

Pertama, TPKAD diharapkan dapat mendorong peningkatan kemampuan UMKM, dan penguatan sektor ekonomi unggulan sebagai driving force perekonomian DIY. Kedua, ?mendorong pembiayaan jangka panjang korporasi, khususnya dalam pembangunan infrastruktur transportasi, industri, dan pariwisata beserta prasarana dan utilitas pendukungnya.

 

TPAKD, diharapkan juga memetakan peluang bisnis dan jenis-jenis profesi baru, sebagai multiplier effects pembangunan di DIY, dengan dukungan skim penyertaan modal atau mezzanine financing bagi bank yang sudah memiliki risk management mumpuni, simultan dengan restrukturisasi, dan revitalisasi peran venture capital yang kini belum optimal.

 

Dalam hal ini, peran OJK DIY harus lebih cermat dan selektif, tetapi inovatif dalam menjalankan operasi pengawasan mikro-prudensial, terhadap kegiatan sektor jasa keuangan. Dengan adanya peningkatan investasi, kita dapat membangun masyarakat yang produktif, sehingga berdampak pada pertumbuhan perekonomian masyarakat dan pengurangan kesenjangan pendapatan.

 

Program percepatan ini perlu menjadi perhatian OJK DIY dalam mendorong sektor keuangan, untuk berani taking-risks yang diperhitungkan. Dengan pendekatan itu, diharapkan dana-dana idle bisa dioptimalkan untuk investasi. OJK DIY hendaknya mendorong terlaksananya program ini, untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang merata, partisipatif dan inklusif. Harapan ini sejalan dengan program Pemerintah untuk memperkuat ekonomi daerah, guna menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

 

Penyediaan pembiayaan bagi industri manufaktur diprioritaskan, karena dampak bergandanya luas, baik di sektor backward maupun forward linkages, mengingat keterkaitan antarsektor dan derivatifnya sangat besar dan luas.

 

Peningkatan UMKM, pengembangan ekonomi daerah, dan pembiayaan sektor ekonomi prioritas, akan mendorong sustainable growth, dan tercapainya struktur ekonomi DIY yang lebih solid.



Hadirin sekalian yang saya hormati,

 

DENGAN harapan seperti itulah, Pemda DIY menyambut baik, dan mengapresiasi pergantian Ketua OJK DIY pada hari ini.

 

Akhir kata, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya, sehingga OJK DIY mampu mewujudkan industri jasa keuangan sebagai pilar perekonomian daerah.

 

Dan kepada kedua Pejabat OJK terlantik, masing-masing di tempat pengabdian yang baru, saya ucapkan: “Selamat Bekerja dan Mengabdi!

 

Sekian, dan terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.




Yogyakarta, 10 Juni 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X