BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PENGANUGERAHAN TANDA PENGHARGAAN BINTANG LVRI KEPADA SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO X

Yang saya hormati:

  • Ketua Umum DPP LVRI beserta jajarannya;

  • Komisaris Jenderal (Purnawirawan) Dr. Ito Sumardi

  • Jajaran Forkopimda DIY atau yang mewakili

  • Sekretaris Daerah DIY beserta jajarannya

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian,



DENGAN selalu bersyukur atas berkah dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pagi ini merupakan kehormatan bagi saya pribadi, keluarga, Kraton Yogyakarta, Pemda DIY dan rakyat Yogyakarta, atas penganugerahan Tanda Penghargaan Bintang LVRI kepada saya.

 

Peristiwa ini sungguh memberikan kesan mendalam, membahagiakan dan membanggakan. Karena, penghargaan ini menandai betapa eratnya, hubungan antar komponen bangsa Indonesia.

 

Momentum hari ini adalah juga tonggak penguatan persaudaraan, yang beralaskan pada nilai-nilai nasionalisme ke depan. Tindak lanjutnya menjadi sangat indah, jika bisa dilakukan berbagai kegiatan dan kolaborasi pengutan nasionalisme dan nilai-nilai kebangsaan bagi segenap warga DIY.

 

Hal ini dapat dilakukan, dengan menggelorakan Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara, yang secara historikal, lahir sebagai penghormatan atas Serangan Umum 1 Maret 1949, dengan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai episentrumnya.



Ketua Umum dan seluruh jajaran LVRI,

 

KIRANYA tiada kata yang pantas terucap kepada Ketua Umum dan seluruh Jajaran Legiun Veteran Republik Indonesia, selain ungkapan rasa terima kasih yang mendalam, disertai penghargaan yang tinggi atas penganugerahan Bintang LVRI  kepada saya.

 

Untuk itu, saya mohon doa restu, agar selalu diberi keteguhan sikap batin, moralitas dan kearifan dalam turut berupaya menjaga nilai-nilai kebangsaan di tengah-tengah masyarakat-bangsa dan masyarakat-antarbangsa.

 

Akhir kata, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya, sehingga kehormatan yang tersandang ini, mampu saya gunakan bagi setiap gerakan kebangsaan, seiring upaya menjalin silaturahim dengan para veteran, yang telah memberikan segenap cintanya kepada nusa bangsa.

 

Sekian, terima kasih.




Yogyakarta, 11 Juni 2024

 

GUBEERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X